Kerajinan Tangan

Kastara.ID, Jakarta – Salah satu BUMD milik Pemprov DKI Jakarta, Perumda Pasar Jaya berencana membuka pasar khusus yang menjual kriya atau kerajinan tangan khas berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin mengatakan, selain memperkenalkan aneka kerajinan tangan nusantara, keberadaan pasar khusus ini juga untuk membantu mengangkat perekonomian para perajin di daerah.

“Kita utamakan kerajinan tangan khas daerah Betawi dulu, lalu kerajinan daerah-daerah lain seperti NTB yaitu tenun, songket, mutiara, dan sebagainya,” ujar Arief, Selasa (6/8).

Ia menjelaskan, ada dua pasar khusus yang akan menampung kerajinan tangan dari daerah-daerah tersebut yaitu Pasar Rawa Bening dan Petojo Enclek.

“Kalau Thailand punya Pasar Chatuchak dan Indonesia terutama Jakarta punya Pasar Rawa Bening dam Petojo Enclek. Rencananya, tahun ini akan direalisasikan secara bertahap. Pedagang batu akik yang berada di Rawa Bening tetap berjualan di sana, karena itu salah satu dari kerajinan tangan,” tandasnya. (hop)