Gojek-Grab

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan pihaknya berencana menyatukan layanan transportasi online Grab dan Gojek, baik roda dua maupun empat. Syafrin menyatakan Pemprov DKI Jakarta akan membuat aplikasi online yang menyatukan semua layanan transportasi. Bahkan Syafrin menyebut aplikasi yang tengah disiapkan sebagai Supper Apps atau aplikasi super.

Saat mengikuti seminar online atau webinar yang diselenggarakan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) (5/8), Syafrin menjelaskan, aplikasi akan mencakup dan mengintegarasikan moda transportasi di Jabodetabek. Termasuk di dalam aplikasi tersebut Grab dan Gojek. Terlebih menurut Syafrin, kedua transportasi online itu masuk dalam rencana pengembangan angkutan umum ke depan.

Menurut pria kelahiran Gorontalo ini menambahkan, transportasi online memiliki peranan penting. Pasalnya transportasi online, seperti Grab dan Gojek, bisa berfungsi sebagai angkutan pengumpan (feeder) ke moda transportasi massal. Itulah sebabnya angkutan online memiliki peran penting dan akan dilibatkan dakan integrasi moda transportasi di Ibu Kota.

Syafrin memastikan, Super Apps yang akan dibuat bukan untuk menggantikan aplikasi Grab dan Gojek yang saat ini ada. Aplikasi yang akan dibuat hanya menjadi media untuk perbandingan penggunaan antar moda transportasi, baik online maupun konvensional. Nantinya, aplikasi tersebut akan menampilkan jenis-jenis moda transportasi, termasuk rute dan biaya atau tarifnya.

Syafrin menuturkan, dengan menggunakan aplikasi tersebut, masyarakat bisa mengetahui moda transportasi apa yang paling baik untuknya. Kosumen bisa memilih sesuai dengan keperluan dan kemampuannya, baik secara harian maupun bulanan. Masyarakat juga bisa membandingkan antara menggunakan angkutan umum dan kendaraan pribadi. Mana dari keduanya yang lebih menguntungkan.

Syafrin berharap Super Apps tersebut bisa menekan biaya transportasi di Jakarta yang saat ini dirasa masih cukup mahal. Masyarakat bisa membuat perencanaan, baik secara harian maupun bulanan. (hop)