Taman Mini Indonesia Indah

Kastara.ID, Jakarta – Suku Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Jakarta Timur menggelar lomba video promosi destinasi wisata bertema Remarkable of East Jakarta, Ragam Ekowisata atau Agrowisata di Jakarta Timur. Peserta lomba dapat mendaftarkan diri melalui akun instagram resmi bit.iy/parekrafjaktim.

Kepala Sudin Parekraf Jakarta Timur, Rus Suharto mengatakan, lomba ini sejalan dengan kegiatan stratetgis daerah yang tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah terkait dengan potensi sisi selatan Jakarta Timur, yang memiliki kontur alam, banyak waduk, setu, dan hutan kota sehingga layak untuk dijadikan kawasan ekowisata di Jakarta.

“Kegiatan ini non-budgeter sehingga diperlukan kolaborasi semua pihak. Selain itu instansi lain dapat memberikan apresiasi kegiatan ini untuk terus menstimulus masyarakat terhadap potensi wisata di lingkungannya,” ujar Rus Suharto, Kamis (6/8).

Menurutnya, pendaftaran dibuka sejak 23 Juli hingga 14 Agustus mendatang melalui instagram @parekraf_jaktim. Sampai hari ini jumlah peserta yang sudah mendaftarkan diri sebanyak 17 kelompok, dengan total 60 orang peserta.

Ketentuan peserta, perlombaan dibuka untuk umum, peserta beranggotakan maksimal lima orang, dan tidak boleh individu. Kemudian karya orisinil belum pernah diunggah atau diperlombakan dan tidak melanggar hak kekayaan intelektual manapun. Kemudian ketentuan video, berdurasi 3-5 menit, video berisi destinasi wisata sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Jika menggunakan latar musik tidak diperbolehkan mengandung hak cipta, format video MP4, ukuran video HD 720, 1080i serta video tidak mengandung unsur sara/hoax maupun politik.

Kasubag TU Sudin Parekraf Jakarta Timur, Lucky Wulandari menambahkan, video yang dilombakan wajib diunggah melalui akun youtube salah satu anggota kelompok. Unggahan video maupun teaser menggunakan tagar #RemarkableEastJakarta #Ekoagrowisatajaktim #parekrafjaktim. Kemudia kirim sinopsis beserta dengan link hasil unggahan video ke email timur.parekraf@gmail.com.

“Pemenang lomba diumumkan 18 Agustus, melalui media sosial IG resmi Sudin Parekraf Jaktim. Kemudian  penyerahan hadiah pada 24 Agustus di kantor Wali Kota Jaktim. Hadiah berupa piagam penghargaan dari Wali Kota Jakarta Timur, voucher, goodie bag dan hadiah menarik lainnya,” tandasnya. (hop)