Panitia Penyelenggara LCC Museum 2022, Mis’ari mengatakan, lomba ini berlangsung sejak Rabu (3/8) lalu dan diikuti 81 peserta dari 24 SMPN dan tiga madrasah tsanawiyah (MTs). Dalam final yang dilaksanakan Jumat (5/8), tampil sebagia juara pertama SMPN 9 Jakarta, juara kedua SMPN 216 Jakarta, dan juara ketiga SMPN 30 Jakarta. Lalu Juara Harapan Pertama SMPN 77 Jakarta dan Harapan Kedua SMPN 255 Jakarta.

“Hadiah diberikan langsung oleh Kepala UP Museum Kesejarahan Jakarta, Ibu Esti Utami,” kata Mis’ari yang juga menjabat sebagai Kepala Unit Pengelola Museum Kebaharian Jakarta.

Dilanjutkan Mis’ari, peserta membentuk sebuah tim yang beranggotakan tiga orang dari satu sekolah yang sama. Materi lomba yang diberikan untuk peserta seperti kebudayaan, nasionalisme, dan permuseuman.

Adapun hadiah yang diperoleh pemenang Juara I sebesar Rp 12,5 juta, Juara II sebesar Rp 10 juta, Juara III sebesar Rp 8,5 juta. Kemudian untuk Juara Harapan I sebesar Rp 7,5 Juta dan Juara Harapan II sebesar Rp 6,5 juta.

“Ini kegiatan pertama yang dilaksanakan oleh Unit Pengelola Museum Kesejarahan Jakarta dengan Asosiasi Museum DKI Jakarta Paramita Jaya, Dinas Kebudayaan dan Dinas Pendidikan,” ujarnya.

Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi wahana bagi generasi muda untuk mengasah pengetahuan mengenai museum, sejarah dan juga kebudayaan di Indonesia. Serta meningkatkan kemampuan peserta dalam berkompetisi, melatih sportifitas, dan juga kreativitas.

“Pemenang akan diikutkan pada lomba tingkat nasional di  Museum Nasional Indonesia,” tandasnya. (hop)