Kastara.id, Jakarta – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) tidak boleh kalah dalam memberantas praktik perambahan hutan, apalagi dengan mengatasnamakan masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Komisi VII DPR RI yang membidangi Lingkungan Hidup Syaikhul Islam Ali, dalam pembicaraan empat mata dengan Menteri LHK Siti Nurbaya, Senin (5/9), ia menyatakan secara langsung keprihatinan sekaligus dukungan untuk menuntaskan insiden. “Kementerian LHK jangan mundur, negara tidak boleh kalah dengan kepentingan satu dua orang pemodal yang mengatasnamakan masyarakat,” katanya dalam siaran pers yang diterima Selasa (6/9).

Menurutnya, dukungan penuh akan mengawal langkah Menteri LHK melawan kolusi para pembakar lahan. Saya pikir ini ada pihak perusahaan yang memanfaatkan warga setempat untuk menghalangi kegiatan Kementerian LHK,” ujarnya.

Dia pun menegaskan agar permasalahan kebakaran hutan tidak dianggap sepele. Untuk itu diharapkan aparat penegak hukum membantu upaya yang dilakukan oleh Menteri LHK. “Kebakaran hutan itu krisis nasional, kita berharap semua aparat penegak hukum membantu Menteri LHK. Jangan sampai terjadi di mana masing-masing aparat penegak hukum tidak satu suara merespon kejadian tersebut,” katanya. (raf)