PON XX Papua

Kastara.ID, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo mengimbau para penonton Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua harus sudah divaksin Covid-19.

Masyarakat yang belum vaksin dilarang masuk untuk menyaksikan perhelatan PON. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian yang juga Ketua KPCPEN Airlangga Hartarto ketika menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda di Papua.

“Arahan Bapak Presiden, penonton yang belum vaksin tidak boleh masuk mengikuti PON karena itu masyarakat harus siap untuk divaksin segera,” terang Airlangga, melansir situs resmi Kemkominfo, Senin (6/9).

Di kesempatan tersebut, Airlangga juga menyampaikan, pemerintah siap mendorong penurunan jumlah kasus aktif Covid-19 sebelum penyelenggaraan PON XX di Papua.

Masih dari keterangan Airlangga, walaupun ada perbaikan level asesmen di Kabupaten Dogiyai dan Keerom, tetapi masih ada kenaikan level di Kabupaten Lanny Jaya.

“Sesuai arahan Bapak Presiden, saya harus meng-update kondisi terakhir penanganan Covid-19 dan kesiapan PON di Papua, baik dari sisi dukungan Pemerintah Pusat, Provinsi, sampai ke kabupaten/kota,” ujarnya.

“Terutama lima kabupaten/kota yang berkenaan langsung dengan penyelenggaraan PON. Yaitu Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, Kabupaten Merauke dan Kabupaten Keerom sebagai penyangga,” urainya melanjutkan.

“Saya titip ke jajaran Forkompimda, supaya tingkat kasus ini bisa diturunkan dalam 1-2 minggu ke depan,” pungkasnya. (ant)