Michelin Safety Academy

Kastara.id, Jakarta – Produsen ban terkemuka Michelin menggelar ‘Michelin Safety Academy’ (MSA) dengan mengadakan edukasi dan meningkatkan kesadaran berkendara yang aman di kalangan pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) yang sudah cukup umur untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi (SIM). Sebagai catatan, sepertiga kecelakaan di Indonesia melibatkan pengendara berumur 15 -24 tahun dan tidak memiliki Surat Ijin Mengemudi (SIM).

MSA yang sudah memasuki tahun ke empat ini didukung oleh Federasi Otomotif Internasional atau Federation Internationale de I’Automobile (FIA), organisasi otomotif global yang mendukung mobilitas orang dan barang secara aman dan berkelanjutan dimana di Indonesia diwakili oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI). Untuk agenda kali ini Michelin menjangkau 400 orang siswa dari 10 sekolah di Jakarta, Tangerang, Bekasi, dan Cilegon.

Dalam kegiatan ini peserta akan memperoleh informasi mengenai persiapan dasar yang rutin dilakukan sebelum berkendara seperti pengecekan tekanan angin pada ban serta informasi mengenai perlengkapan berkendara yang aman. Program edukasi ini diadakan di Pusdik Lantas Polri Serpong, Tangerang, 7 dan 14 Oktober 2017. Instruktur dari IMI Jakarta akan membantu melatih para siswa dengan mendemonstrasikan bagaimana teknik pengereman dan cara berbelok di tikungan tajam dengan benar dan aman.

Para siswa juga berkesempatan untuk menimba ilmu dari pembalap profesional dan jurnalis otomotif Fitra Eri serta Diandra Gautama pembalap wanita di ajang lokal juga pengulas otomotif di media sosial karena mereka akan bertindak sebagai instruktur.
Sebuah kebanggaan dapat berpartisipasi mendukung penanaman budaya berkendara yang aman di kalangan generasi muda. MSA sendiri merupakan perwujudan fokus perusahaan Indonesia yaitu Perfection in Safety yang berdasarkan tiga pilar, keamanan melalui pemberian edukasi yang berkelanjutan mengenai berkendara yang aman, inovasi produk dan pelayanan, serta dukungan purna jual yang prima.

“Komitmen kami adalah mendukung pergerakan manusia dan barang secara lebih mudah dan keamanan di jalan raya telah menjadi bagian penting dari strategi inovasi perusahaan. Sebagai bagian dari usaha untuk menciptakan ban paling aman, melalui program edukasi ini kami berusaha untuk mencetak para pengendara muda untuk menjadi pengendara yang bertanggung jawab,” jelas Frederick Mueler, Presiden Direktur Michelin Indonesia. (koes)