Syariah

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebutkan pemerintah sudah mengambil langkah-langkah luar biasa untuk menanggulangi Covid-19.

Wapres Ma’ruf menjelaskan berbagai upaya penanganan Covid-19 dimulai dari penerbitan perppu untuk memayungi berbagai kebijakan terkait pengelolaan APBN hingga pemulihan ekonomi nasional.

“Penanggulangan masalah kesehatan secara garis besar dapat dibagi ke dalam dua bagian. Yaitu hulu dan hilir,” tutur Wapres secara virtual, Rabu (6/10).

Lebih jauh Wapres kembali mengatakan, di hulu, penerintah menerapkan berbagai kebijakan pencegahan mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker (3M) sampai vaksinasi.

Sedangkan di hilir adalah tindakan kuratif seperti kesiapan fasilitas kesehatan, rumah sakit dan tenaga kesehatan, alat kesehatan dan obat-obatan, serta sarana dan prasarana pendukungnya.

Berdasarkan pengalaman penanganan sejak awal 2020, menurut Ma’ruf, keberhasilan di hulu akan menentukan keberhasilan di hilir.

Hal itu berarti bila penerapan protokol kesehatan (prokes) sampai vaksinasi kurang baik, maka akan menghadapi lonjakan kasus penularan. (ant)