Pameran Filateli Momentum Sosialisasi Sejarah Kepada Generasi Muda

Filateli

Kastara.id, Jakarta – Sekretaris Jenderal DPR RI Indra Iskandar menyatakan, penyelenggaraan Pameran Filateli yang digelar oleh DPR RI dalam rangka memperingati Hari Pahlawan merupakan momentum yang baik untuk mensosialisasikan filateli kepada generasi muda, agar senantiasa mengingatkan mereka kepada sejarah bangsa melalui Filateli.

“Saya kira materi dari pameran filateli ini jelas sekali bahwa filateli menjadi suatu lintasan sejarah bangsa kita. Ini salah satu upaya kita mensosialisasikan kepada generasi muda untuk mengingatkan mereka bahwa sejarah bangsa itu penting untuk selalu diingat,” kata Indra usai menghadiri Pembukaan Pameran Filateli di selasar Gedung Nusantara II DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (6/11).

Indra juga berpendapat bahwa filateli menjadi suatu lintasan sejarah penting yang dapat membuat kita mengenang masa lalu. Pada masa sejarah bangsa kita dulu, semuanya hanya dapat didokumentasikan dalam bentuk filateli, sehingga filateli memilki masanya tersendiri.

Terkait baru 40 Pahlawan Nasional dari 179 Pahlawan Nasional yang belum diabadikan dalam bentuk filateli, Indra berpendapat, nantinya pihak PT Pos Indonesia beserta Kementerian Komunikasi dan Informatika pastinya akan merespons dan menindaklanjuti hal tersebut, demi melengkapi khazanah dalam filateli.

“Nantinya dari pihak pos dan kementerian terkait juga bisa merespons dan menindaklnjuti bahwasannya masih banyak pahlawan yang memang belum terdokumentasi dalam sebuah filateli yang baik. Saya kira pasti itu akan menjadi agenda mereka dan kita harapkan tentunya untuk dimasukkan di dalam seri-seri perangko sejarah dan pahlawan. Saya kira itu menjadi penting untuk melengkapi khazanah kita dalam hal filateli,” ungkapnya.

Indra juga merasa saat ini bangsa modern seperti Amerika juga masih menjadikan filateli sebagai salah satu budaya mereka. Oleh karenanya dirinya pun mendorong kepada generasi muda yang ada saat ini untuk dapat membiasakan diri mendokumentasikan segala sesuatu melalui filateli, meskipun dunia sudah digital, namun hal yang berkaitan dengan filateli akan menjadi sangat istimewa karena kelangkaannya. (rya)