Anugerah Ormas Award 2018

Kastara.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo membuka dan memberikan penghargaan kepada Organisasi Masyarakat (Ormas) berprestasi pada Forum Kordinasi Nasional Ormas dan Anugerah Ormas Award tahun 2018, di Hotel Red Top, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (6/11).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Perwakilan Panglima TNI dan perwakilan Kapolri serta perwakilan ormas dan Pemerintah Daerah di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/kota yang terpilih.

Mendagri pada kesempatan ini menyampaikan apresiasi serta rasa bangganya kepada ormas-ormas yang sangat membantu pemerintah dalam berbagai kebijakan.

“Peran ormas jelas memberikan kontribusi dalam pembangunan, menjaga keutuhan NKRI, menjaga tetap tegaknya Pancasila, menjaga tetap bersatunya kemajemukan bangsa ini termasuk menjaga keutuhan UUD 1945,” tutur Tjahjo.

Lebih lanjut Mendagri menjelaskan peran serta Ormas pada masa kini sangat dibutuhkan. Tantangan bangsa yang terbesar adalah penanganan Radikalisme dan Terorisme, Narkoba, Korupsi, Kesenjangan dan Masalah Sosial. Ormas diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam mencegah dan menanggulangi masalah tersebut.

“Saya kira 395.454 ormas harus berani menentukan sikap siapa kawan, siapa lawan pada perorangan maupun kelompok atau golongan yang ingin mengacau NKRI, memecah belah bangsa. Ini tanggung jawab kita semua sebagai elemen bangsa,” tutur Tjahjo.

Terakhir, Mendagri Tjahjo mengajak ormas untuk bersinergi dan bermitra turut aktif menyelesaikan persoalan bangsa sesuai dengan kewenangan dan kapasitasnya berdasarkan peraturan perundang-undangan. (hop)