IKM

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Usaha Kecil Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Produksi Wirausaha Industri Kecil Menengah (IKM) Kerajinan yang diikuti 20 pelaku IKM. Kegiatan berlangsung mulai hingga 6 November 2020.

Plh Kabid Perindustrian Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Jackson Dianrus Sitorus mengatakan, tujuan bimtek ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan mengenai pembuatan kerajinan khususnya kerajinan bernuansa Betawi yang berkualitas. Selain itu, meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat.

“Bimtek ini sebagai upaya untuk memulihkan perekonomian lokal daerah yang terdampak Covid-19 dan menyerap tenaga kerja akibat adanya PHK,” kata Jackson (5/10).

Materi yang diberikan berupa teori dan praktik dalam rangka membantu para IKM untuk meningkatkan keterampilannya dan kualitas produknya.

Diharapkan, melalui bimtek ini kemampuan masyarakat menghasilkan produk kerajinan bernilai ekonomis tinggi meningkat dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta daya beli masyarakat.

Menurutnya, pertumbuhan wirausaha baru industri dapat memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian daerah dan sekaligus dapat menyerap tenaga kerja. Terlebih lagi di masa pandemi Covid-19, yang secara ekonomi terkena dampak langsung dari wabah tersebut.

“Maka itu, kami memfasilitasi warga masyarakat agar dapat menghasilkan produk kerajinan khususnya bernuansa Betawi yang berkualitas melalui bimtek ini,” tandas Jackson. (hop)