Warganet Antar #BerkahSenyum Raih The Best Brand Image and Engagement

#BerkahSenyum

Kastara.id, Jakarta – Performa perusahaan yang baik tidak hanya ditentukan oleh perolehan keuangan yang terus sehat namun juga harus diimbangi dengan aktivitas yang dapat memperkuat posisi merek. Salah satu yang dilakukan Asuransi Astra untuk memperkuat posisi mereknya pada tahun ini adalah dengan mengadakan kampanye sosial #BerkahSenyum.

Sukses memperkuat posisi merek dengan image yang sesuai dengan nilai perusahaan serta berhasil meningkatkan engagement dengan audiens dalam jumlah besar, program kampanye sosial #BerkahSenyum Asuransi Astra dianugerahi penghargaan sebagai The Best Brand Image and Engagement dalam ajang Indonesia Most Experiential Brand Activation 2017. Penghargaan ini diberikan oleh Majalah Mix Marcomm di Menara Bank Mega Jakarta (29/11).

Indonesia Most Experiential Brand Activation 2017 sendiri merupakan penghargaan yang diberikan oleh Majalah Mix Marcomm kepada merek-merek yang berhasil menyampaikan brand objective experience mereknya kepada audiens. Dalam penentuan pemenang dewan juri Indonesia Most Experiental Brand Activation 2017 tidak menggunakan nilai berdasarkan kuantitas atau angka melainkan lebih menekankan pada aspek kualitas yang kemudian dibagi lagi menjadi beberapa aspek, antara lain meliputi konsep strategi, eksekusi, interaksi, hasil, dan amplifikasi.

#BerkahSenyum sendiri merupakan program kampanye sosial Asuransi Astra yang dilakukan sepanjang masa Ramadan tahun ini. Percaya bahwa visi perusahaan yaitu bring peace of mind to millions harus diwujudkan tidak hanya bagi pelanggan namun juga bagi masyarakat sekitar dan pada masa Ramadan lalu, Asuransi Astra melibatkan manula di panti wreda sebagai bagian dari kampanye sosialnya. Masa Ramadan dinilai sebagai masa yang paling tepat karena identik dengan kebaikan, sehingga dalam aktivitasnya, Asuransi Astra mengajak warganet untuk membagikan senyumnya melalui sosial media instagram, setiap senyum yang diunggah akan dikonversikan menjadi paket bantuan kepada manula di puluhan panti wreda yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

“Sejak awal kami merumuskan program ini, kami sepakat bahwa paket bantuan yang diberikan benar-benar harus sesuai dengan kebutuhan manula. Agak melelahkan memang di lapangan, namun sudah menjadi komitmen kami juga untuk menjalankan amanah warganet yang sudah memberikan senyum terbaiknya dan ternyata semua itu terbayar dengan raut muka bahagia para manula saat kami bersilaturahmi sambil menyerahkan bantuan dan berbuka puasa bersama,” ujar Head of Communication and Event Asuransi Astra, L. Iwan Pranoto.

Di sisi lain, salah satu karyawan Asuransi Astra Surabaya, Ardian Yudha menyatakan #BerkahSenyum secara tidak langsung menjadi sarana pembelajaran yang baik bagi dirinya untuk semakin memahami visi peace of mind dari perusahaan. “Lewat #BerkahSenyum kami bisa mendapat kesempatan untuk memberikan layanan yang sebaik-baiknya bagi para manula, karena dalam program ini kami tidak hanya menyerahkan bantuan kemudian pulang namun benar-benar mencoba menjadi bagian dari keluarga mereka. Pelajaran tentang memberikan peace of mind secara nyata yang kami dapat dari program ini dapat dengan lebih mudah kami terapkan juga kepada para pelanggan kami,” katanya.

Selama masa tiga minggu aktivitasnya, program kampanye sosial #BerkahSenyum berhasil mengumpulkan senyuman dari 5.012 warganet, 5.012 paket bantuan ini kemudian diberikan pada para manula di 68 panti wreda yang tersebar di 23 kota cabang Asuransi Astra.

“Membangun program yang sesuai dengan nilai perusahaan namun tetap mampu memberikan manfaat yang nyata bagi lingkungan bukanlah hal yang mudah. Kami sangat beruntung memiliki tim yang sangat solid baik di kantor pusat maupun di kantor cabang. Ditambah dukungan warganet yang luar biasa sehingga #BerkahSenyum dapat memberikan dampak yang sedemikian besar. Penghargaan ini tentu akan menjadi acuan bagi kami untuk menciptakan berbagai aktivasi yang lebih kreatif dan memberikan kebermanfaatan yang semakin besar,” tutup Iwan. (dwi)