Pilkada Serentak 2020

Kastara.ID, Jakarta – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman meminta agar masyarakat tidak perlu khawatir lagi penyebaran Covid-19 di TPS Pilkada 2020. Sebab pihaknya telah memfasilitasi penerapan protokol kesehatan secara utuh dan komplet.

Kendati begitu, Arief menyebut penegakan protokol kesehatan itu pada akhirnya dikembalikan kepada masing-masing orang. Ia pun meminta semua pihak terlibat aktif menjaga prokes demi mencegah penularan di TPS.

“Kalau semua pihak penyelenggara dan peserta patuh prokes sebetulnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan ada penyebaran Covid-19 saat kegiatan pemilihan. Ini yang harus saya tekankan,” ungkap Arief, Ahad (6/12).

Arief menjelaskan, fasilitas protokol kesehatan yang telah disiapkan KPU di antaranya menyediakan tempat cuci tangan, sarung tangan hingga masker bagi yang tidak memilikinya. Selain itu, KPU juga akan mengatur jam kedatangan supaya tidak bersamaan.

“Fasilitas menggunakan sarung tangan ketika mencoblos sehingga pegang paku, coblos, dia terlindungi. Ketika pegang surat suara, sentuh meja, kursi, dia terlindungi. Jadi saya pikir ini perlu dikabarkan,” tuturnya.

Arief juga mengingatkan rangkaian pilkada tidak hanya terjadi saat di TPS belaka, melainkan mulai dari keluar rumah hingga keluar dari TPS. Hal ini tentu berada di luar kendali KPU untuk menegakkan protokol kesehatan.

“Karena kegiatan pemilihan itu rangkaiannya panjang sebetulnya. Misal dia keluar rumah menuju TPS, jangan-jangan dia mampir warung ketemu temannya nongkrong dulu dan sebagainya. demikian juga setelah dia keluar TPS,” tukasnya. (ant)