Kemungkinan Ketua KPK dan Ketua Komnas HAM Tak Hadiri Debat Capres

Debat Capres
(Reuters)

Kastara.ID, Jakarta – Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengatakan, Ketua KPK Agus Rahardjo dan Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik kemungkinan tidak akan menghadiri debat pertama capres-cawapres pada 17 Januari 2019.

Pramono menyebut kedua tokoh tersebut telah menyelesaikan tugasnya menyusun soal-soal untuk debat Capres 2019. Menurut Pramono, status panelis itu berakhir dengan penyerahan soal dari tim panelis kepada KPU. Namun KPU akan mengoordinasikan kembali perihal kehadiran keduanya. Sebab secara eksplisit kedua orang tersebut sudah memberikan sinyal ketidakhadiran dalam debat mendatang.

Sementara itu, Pramono memastikan empat panelis yang lainnya akan menghadiri debat Capres 2019. Meskipun mereka belum memberikan jawaban hadir atau tidak dalam acara tersebut.

Baca Juga:  Mendagri Siapkan Plt Bupati Pakpak Barat

Sebelumnya, KPU menggelar pertemuan tertutup dengan enam panelis debat capres-cawapres Pemilu 2019 pada Sabtu (5/1) di Hotel Mandarin, Jakarta Pusat. Pertemuan membahas soal-soal yang akan digunakan saat pelaksanaan debat pertama capres-cawapres.

Selain Ahmad Taufan dan Agus Rahadrjo, empat panelis lainnya adalah Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana, mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, ahli hukum tata negara Jentera Bivitri Susanti, dan pakar hukum tata negara Margarito Kamis. (rya)