Kekerasan Seksual

Kastara.id, Jakarta – Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Edi Suharto menghadiri dan menyampaikan keynote speech pada Inter-Sectoral Dialogue on Integrated National Responses to End Sexual Exploitation and Abuse of Children Online in ASEAN, di Jakarta, Rabu (7/2).

Dialog diperkaya oleh narasumber yang berasal dari Unicef, Ecpat International, CRC Asia, Plan International, Asia and South Pasific Interpol, International Centre for Missing and Exploited Children, Australian Transaction Reports and Analysis Centre. Dari Indonesia berbicara pula Dekan Fakultas Teknik dan Informatika ITB dan perwakilan Ecpat Indonesia.

Dialog bertujuan untuk mengembangkan respon nasional yang terintegrasi untuk mengakhiri eksploitasi dan kekerasan seksual secara online di ASEAN, dan diikuti oleh 150 peserta Senior Official dari negara-negara ASEAN, organisasi pemerhati anak di ASEAN, termasuk Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Edi Suharto mengusulkan beberapa pemikiran untuk memperkuat platform kerja sama ASEAN terkait eksploitasi dan kekerasan seksual secara online.

Antara lain memperkuat kebijakan good parenting, mendorong partnership di tingkat lokal nasional dan regional melalui networking dan pengorganisasian, mendokumentasikan dan berbagi praktik-praktik terbaik, dan memperkuat sumber daya manusia dan mekanisme pengumpulan data. (nad)