Pilgub Jabar 2018

Kastara.id, Depok – Menjelang dimulainya tahapan Pilkada Gubernur (Pilgub) Jawa Barat tahun ini sebagai rangkaian Pilkada Serentak 2018, Wali Kota Depok Muhammad Idris kembali mengingatkan aparat sipil negara (ASN) untuk tidak terlibat politik praktis. Bahkan orang nomor satu di Kota Depok ini telah membuat edaran kepada ASN untuk tidak terlibat politik praktis.

“Wali Kota Depok sudah membuat edaran kepada ASN tidak terlibat politik praktis. Kami juga membuat pemantauan dan pengawasan,” ujar Mohammad Idris. Hal itu diungkapkannya usai membuka sekaligus menjadi pembicara kunci di Forum Diskusi Sinergitas Ormas/LSM dalam Mewujudkan Depok Harmonis pada Pilgub Jabar 2018 yang diinisiasi Kesbangpol Kota Depok dan Kodim 0508 Kota Depok, di Hotel Bumi Wiyata, Kota Depok, Rabu (7/4).

Para ASN juga dianjurkannya untuk tidak melibatkan diri di media sosial jejaring dan grup WhatsApp (WAG) yang isinya bernuansa politis dan rumor negatif. “Saya minta ASN jangan terlibat grup medsos jejaring dan grup WhatsApp yang bernuansa politik dan menyebarkan rumor negatif. Walaupun ikut sekadar pasif. Lebih baik jangan mau dan keluar grup medsos kalau terlanjur,” tegas Wali Kota.

Menurutnya, forum ini jadi sarana untuk menyamakan persepsi semua pihak di Pilkada Jabar. Bahkan dari pelaksanaan pilkada yang telah berlangsung di Kota Depok, selalu berlangsung damai dan tak terjadi konflik seperti yang terjadi di wilayah lainnya.

Dalam diskusi yang dihadiri 187 perwakilan ormas dan LSM se-Kota Depok ini, menghadirkan narasumber Komisioner KPUD Suwarna, Kepala Kesbangpol Dadang Wihana, Dandim 0508 Letkol Inf. Iskandarmanto, dan Kalpolres Kombes Pol. Didik Sugiarto.

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Iskandarmanto menyoroti pentingnya keamanan dalam Pilgub Jabar 2018. Pihaknya berkomitmen untuk lebih mendekatkan diri dengan warga sekitar, sekaligus tetap menjalin hubungan baik demi memelihara situasi yang kondusif.

“Jajaran Dandim 0508 Depok tiap hari Senin juga melakukan pengawasan di tiap sekolah di Kota Depok, guna melakukan penyuluhan kepada para siswa,” ujarnya.

Sementara Kapolres Depok Didik Sugiarto kembali mengingatkan kepada semua pihak agar selalu menjaga persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan NKRI. Kapolres juga mengungkapkan bahwa selama ini pihaknya kerap bersinergi melakukan patroli bersama Kodim 0508 Depok guna menciptakan keamanan di Kota Depok.

“Kami merangkul Ormas dan LSM untuk menciptakan situasi yang kondusif supaya pelaksanaan Pilgub nanti aman dan terkendali dengan baik,” pungkasnya. (rud)

Foto: Rudi Irwanto/Kastara.ID