Suzuki

Kastara.id, Jakarta – Di saat pasar roda dua secara nasional turun 0,8%, Suzuki malah berhasil mencetak pertumbuhan penjualan tertinggi sebesar 27% sepanjang tahun 2017. Dan ini menjadi tahun kebangkitan bagi agen pemegang merek (APM) sepeda motor Suzuki PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Peraihan penjualan wholesales atau pabrik ke diler tercatat 72.191 unit dengan pangsa pasar 1,2% dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 56.284 unit. Lonjakan penjualan itu tidak terlepas dari beberapa model baru seperti GSX-R150 dan GSX-S150. Dua tipe ini mampu menjadi penyumbang terbesar penjualan sepeda motor Suzuki di tahun 2017 walaupun Suzuki kembali meluncurkan Suzuki New Smash FI dan Suzuki Nex.

“Tahun 2017 merupakan tahun kebangkitan bagi kami. Hal ini tidak terlepas dari kepercayaan konsumen setia Suzuki atas produk baru Suzuki. Banyak prestasi yang telah kami capai seperti peluncuran sports bike GSX-R150 yang mampu menarik minat anak muda di perkotaan. Bahkan berkontribusi pada penjualan di wilayah Jabodetabek yang melompat dari 29,2% menjadi 36,6%. Juga ditunjang event Suzuki Bike Meet yang animonya sangat besar, pemecahan rekor MURI dll. Di tahun 2018, kami akan menjawab ekspektasi konsumen dengan menghadirkan beberapa pilihan produk baru, program penjualan, pelayanan aftersales, serta event-event menarik lainnya,” ujar Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Department Head PT SIS, di sela Media Gethering bersama Suzuki (7/3).

Di segmen backbone, Suzuki juga mengalami lonjakan yang sangat signifikan dibanding tahun lalu dari 1.651 unit menjadi 39.725 unit. Segmen backbone pun memberikan kontribusi terbanyak sebesar 55% terhadap penjualan Suzuki. Diikuti dengan segmen skutik, kontribusinya terhadap penjualan Suzuki sebesar 20% dan underbone sebesar 25%.

Suzuki Satria yang telah hadir semenjak 2004, keberadaannya tetap menjadi pilihan bagi pecinta motor yang suka dengan kecepatan dan beradrenalin tinggi. Penjualannya tercatat berkontribusi sebesar 21% terhadap penjualan Suzuki sebesar 15.186 unit.

Sementara motor skutik Suzuki Adress yang berbagasi lapang, sejak kemunculannya sudah mencuri perhatian dan mampu meraih penjualan sebesar 9.547 unit sepanjang tahun 2017 dengan kontribusi terhadap penjualan Suzuki sebesar 13%. (*)

Reporter: Koes Biantoro
Editor: Dwi