Kastara.ID, Birmingham – Pasangan ganda campuran senior-junior, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow, membuat kejutan di laga babak kedua All England 2019. Tontowi/Winny mengalahkan unggulan kelima asal Malaysia Chan Peng Soon/Goh Liu Ying, dengan skor 21-15, 16-21, 23-21.

Tontowi/Winny yang tampil lepas dan tanpa beban, berhasil memporakporandakan pertahanan Chan/Goh. Pasangan Malaysia tersebut sampai harus jatuh bangun menghadapi serangan Tontowi/Winny yang sebetulnya tak terlalu keras, namun penempatannya sulit untuk diantisipasi.

Tontowi pun ternyata terus membimbing Winny, terutama saat poin-poin kritis.

“Tadi saya hanya bilang, kalau poin kritis, apalagi di kejuaraan penting, mati boleh tapi kita harus dalam keadaan siap. Kalau tadi kan matinya kita nggak siap. Jadi Winny kalau di poin kritis tadi harus siap,” ujar Tontowi setelah pertandingan.

“Dari awal strategi kami sudah benar, tapi di game kedua kami kepancing sama pola main mereka. Di game ketiga kami diberi instruksi sama pelatih dan bisa kembali menjalankan strategi seperti di game pertama. Kami unggul di strategi, tapi nggak bisa dibocorkan ya apa strateginya,” sebut Tontowi. 

“Tadi memang saya yang salah (di poin kritis), saya nggak siap. Berpasangan (sama Tontowi) awalnya beban, tapi pas tanding sudah tidak, bang Owi kalau ngasih tau santai, lebih kayak ke teman,” kata Winny. 

Tontowi/Winny menyusul langkah pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan yang lebih dulu lolos ke babak perempat final dengan mengalahkan Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov (Rusia), dengan skor 21-19, 21-18.

Hasil sementara pertandingan babak kedua All England 2019 dapat dilihat di sini. (lan)