Kastara.ID, Jakarta – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) DKI Jakarta mengangkat tema Sebulan Sastra Literasi (Serasi) untuk sejumlah kegiatan sepanjang Maret 2019.

Kepala Bidang Deposit, Pengembangan Koleksi, Layanan dan Pelestarian Dispusip DKI Jakarta, Bambang Chaidir mengatakan, Dispusip ingin sastra dan literasi lebih dikenal oleh masyarakat, khususnya generasi milenial dengan cara yang menyenangkan.

“Komunitas-komunitas akan diajak berkreasi melalui kegiatan pemberdayaan komunitas pemustaka dan diskusi,” ujarnya, Kamis (7/3).

Bambang menjelaskan, tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Puisi Sedunia. Kegiatan bertemakan sastra dan literasi akan dilaksanakan di Sudinpusip DKI Jakarta di lima wilayah kota dan Perpustakaan Kepulauan Seribu.

“Bentuk kegiatannya berbeda-beda, ada storytelling, workshop, dan wisata literasi,” terangnya.

Menurutnya, mengawali tema Serasi, Dispusip DKI Jakarta akan berkolaborasi dengan komunitas Bengkel Kreasi untuk mengadakan lokakarya Strategi Aksi Peduli Literasi yang akan diikuti oleh para pengelola perpustakaan RPTRA di lima wilayah kota administrasi pada Jumat (8/3) besok.

“Selain itu, sekaligus kita akan mempromosikan karya-karya sastra yang tersimpan di Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin,” tandasnya. (hop)