Gempa
Kastara.ID, Jakarta – Masyarakat Tual di Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku tidak panik saat gempa terjadi. Gempa dengan parameter magnitudo 5,8 berlangsung pada Ahad (7/3), pukul 08.22 WIB.

Demikian disebutkan oleh Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, Ahad (7/3).

Menurut Raditya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tual menginformasikan bahwa warganya tidak merasakan guncangan saat gempa terjadi. Demikian juga BPBD Kabupaten Maluku Tenggara yang mengkonfirmasi kondisi saat fenomena itu terjadi. Masyarakat tidak panik. Pusat gempa dengan kedalaman 10 km ini berjarak 204 km barat laut Maluku Tenggara, atau 206 km barat daya Tual, Maluku.

Berdasarkan analisis InaRISK, Kabupaten Maluku Tenggara memiliki potensi bahaya gempa bumi dengan kategori sedang hingga tinggi. Sebanyak 4 kecamatan dengan luas sekitar 2.720 hektar berada pada kategori bahaya tersebut.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga dalam menghadapi potensi bahaya, khususnya gempa dan tsunami. Hingga kini, potensi bahaya gempa bumi belum dapat diprediksi waktu dan tempat akan terjadi. (ant)