Kastara.ID, Jakarta – Memanasnya suasana Pilpres 2019, membuat pihak Bawaslu menyampaikan imbauan terkait dengan pelaksanaan dua event bersamaan yang dan lokasinya juga berdekatan.

Sebelumnya pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) telah mengeluarkan imbauan resmi terkait rencana pelaksanaan ‘Kartini Run 2019’ yang akan digelar Ahad pagi, 7 April 2019, di kawasan Monas, Jakarta.

Imbauan surat bernomor 0776/K.Bawaslu/PM 06.00/IV/2019 itu menyusul adanya jadwal kampanye akbar pasangan nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang digelar di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta di waktu yang bersamaan.

Diketahui, konsentrasi massa akan berada di sekitaran GBK sejak Sabtu (6/4) malam, karena rangkaian kampanye akbar ini diawali dengan Shalat Tahajud dan Shalat Subuh berjamaah.

Namun kenyataannya Ahad (7/4) pagi, Iriana Joko Widodo dan Mufidah Jusuf Kalla tetap melepas Kartini Run 2019, di Kawasan Silang Monas, Jakarta Pusat. Tampak mendampingi para istri menteri yang tergabung dalam Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja), termasuk hadir istri Menpora Shobibah Rohmah yang juga sebagai Penasehat Dharma Wanita Kemenpora.

Kartini Run 2019 yang menjadi bagian peringatan Hari Kartini 21 April mendatang mengangkat tema besar “Semangat Kartni, Semangat Perempuan Indonesia”. Perjuangan Kartini yang terukir dalam tinta emas sejarah perjuangan kaum perempuan Indonesia dalam Habis Gelap Terbitlah Terang Diharapkan terus menginspirasi seluruh anak bangsa khususnya para wanita.

Salah satunya dengan menggelorakan dan membudayakan hidup sehat melalui olahraga yang dipelopori berbagai organisasi dan komunitas wanita. “Selamat pagi semuanya, semangat Kartini semangat perempuan Indonesia, dan semangat untuk semuanya,” ucap Ibu Negara sesaat sebelum mengibarkan bendera start.

Kartini Run 2019 kali ini diinisiasi dan merupakan kerja bareng antara OASE Kabinet Kerja, Yayasan Kemala Bhayangkari, dan Persatuan Olahraga Wanita Seluruh Indonesia (Perwosi). Diikuti ribuan peserta yang didominasi perempuan yang terbagi menjadi 10K, 5K, dan Fun Walk. Berbagai komunitas juga hadir, termasuk Disabilitas dan anak-anak. (lan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *