Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)

Kastara.ID, Depok – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada puluhan Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II (6/4). Bimtek bertujuan untuk meningkatkan motivasi PSM dalam membantu pemerintah menyelesaikan permasalahan sosial di Depok.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinsos Depok, Eneng Sugiarti mengatakan, pihaknya menggelar bimtek agar para PSM memilki kecakapan dalam melakukan tugas-tugas di lapangan. Termasuk untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, pemahaman dan penghayatan kemampuan serta keterampilan teknis PSM dalam melaksanakan tugas pengabdiaannya di bidang kesejahteraan sosial.

“Bimtek ini sudah dua kali dilakukan. Kali ini untuk memotivasi PSM untuk meningkatkan kinerja,” katanya seperti dilansir situs resmi Pemkot Depok (6/4).

Dikatakanya, saat ini ada 89 PSM yang tersertifikasi. Syarat menjadi PSM adalah dengan mengikuti setiap rangkaian bimtek yang digelar oleh Dinas Sosial.

“Mereka adalah contoh dari peran serta masyarakat dalam membantu pemerintah. Sebab mereka benar-benar bekerja sosial tanpa ada imbalan. Maka itu, Dinsos Depok dalam hal ini menfasiltasi untuk melakukan bimtek hingga mereka semua tersertifikasi,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, PSM sendiri telah dikukuhkan kepengurusannya pada Januari 2021. Kini PSM semakin banyak anggotanya di KotaDepok.

“PSM dalam satu hari bisa melakukan penjangkauan atau pendampingan hingga empat kasus Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS). Mudah-mudahan ke depan semakin baik penanganan PPKS di Kota Depok, ditambah juga pemenuhan sarana prasarana agar memudahkan pekerjaan mereka misalnya mobil ambulans untuk PPKS,” tutupnya. (dha)