Headline

Sosialisasi Perki tentang Standar Layanan Informasi Publik

Kastara.ID, Jakarta – Komisi Informasi (KI) Provinsi DKI Jakarta menggelar roadshow ke Rumah Sakit Daerah (RSUD/RSKD) Se-Provinsi DKI Jakarta dalam rangka sosialisasi Peraturan Komisi Informasi (Perki) Nomor 1 Tahun 2021 tentang Standar Layanan Informasi Publik.

Komisioner KI DKI Bidang Advokasi, Sosialisasi dan Edukasi, Aang Muhdi Gozali menjelaskan, RSUD merupakan badan publik yang berkewajiban mengelola, menyimpan, mendokumentasikan serta memberikan informasi publik dengan prinsip layanan informasi yang cepat, tepat waktu, dan berbiaya ringan.

“Ketika badan publik terbuka maka timbul kepercayaan (trust) dan tidak terjadi sengketa informasi di KI DKI Jakarta,” ujarnya dalam keterangannya (6/4).

Ia menjelaskan, di dalam Perki ada bagian khusus mengenai nota dinas di mana lintas badan publik dapat merespons dan menyampaikan informasi publik serta pengadaan barang dan jasa sehingga mendorong keterbukaan informasi publik pada sektor pengadaan barang dan jasa.

Ia menekankan perlunya RSUD membangun sistem pelayanan informasi berkualitas serta memperdalam tata cara uji konsekuensi informasi yang dikecualikan dan pengelolaan informasi secara elektronik menyesuaikan teknologi era digital.

“Bangun website dengan lengkap mulai dari formulir permohonan informasi, pengajuan keberatan informasi, sehingga efisien, masyarakat tidak perlu datang langsung ke RSUD,” ungkapnya.

Sementara Direktur RSUD Jatipadang, Siti Ainun Dwiyanti, menyampaikan apresiasi atas ajakan KI DKI menyosialisasikan aturan tersebut.

“Ada permintaan informasi rekam medik, yang kami ketahui dilindungi UU,” tandas Ainun. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…