Garuda Citilink Sriwijaya NAM

Kastara.ID, Jakarta – Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian Darmin Nasution mengatakan pemerintah akan segera mengambil tindakan atas mahalnya harga tiket pesawat terbang. Darmin menyebut kenaikan harga tiket pesawat telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Terlebih sebentar lagi sudah memasuki musim mudik Lebaran.

Darmin menambahkan pemerintah akan turun tangan bukan hanya semata-mata kepentingan bisnis, tapi lebih karena kenaikan harga tiket pesawat sudah menyangkut kepentingan masyarakat. Itulah sebabnya dalam waktu dekat Darmin mengaku akan segera melakukan pembahasan bersama Kementerian Perhubungan terkait harga tiket pesawat.

Darmin mengatakan pihaknya akan mereview penentuan tarif batas bawah dan atas, termasuk bagaimana hitungannya. Kalau pun diturunkan, seberapa jauh nilainya.

Berdasarkan keterangan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, menurut Darmin, maskapai penerbangan Garuda Indonesia akan mengikuti aturan, termasuk jika nantinya dilakukan perubahan tarif batas atas.

Seperti diketahui selama ini Garuda Indonesia menggunakan batas atas dalam menentukan harga tiketnya. Darmin menegaskan, Menteri BUMN tidak akan melakukan intervensi jika Garuda akan menurunkan harga tiketnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memastikan harga tiket pesawat akan turun setidaknya pada minggi ini. Diharapkan penurunan ini membuat harga tiket pesawat lebih terjangkau dan sesuai dengan daya beli masyarakat. (rya)