Kota Tua

Kastara.ID, Jakarta – Kawasan Kota Tua yang berada di daerah Kelurahan Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, selama libur Idulfitri 1443 H dikunjungi sekitar 1.000 wisatawan tiap harinya.

Kepala Unit Pengelola Kawasan Kota Tua, Dedy Tarmizi menuturkan, sejak dibuka pukul 08.00 sampai 18.00, arus pengunjung tidak berhenti mendatangi kawasan cagar budaya ini.

“Pengunjung kami batasi maksimum 1.000 orang atau 75 persen dari kapasitas. Umumnya mereka menikmati suasana kota tua dan bangunan museum yang ada di sini,” bebernya (6/6).

Dia memprediksi, pengunjung akan terus membanjiri kawasan Kota Tua hingga Ahad (8/6) nanti.

“Kami siagakan petugas di pintu masuk dari sisi Museum Bank Mandiri Jalan Lapangan Stasiun dan Jalan Kota Intan. Pengunjung wajib menerapkan prokes untuk masuk kawasan Kota Tua ini,” katanya.

Suriyatna, warga Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, mengaku datang  untuk menikmati kawasan Kota Tua bersama 11 anggota keluarganya, setelah hari sebelumnya berwisata ke Ancol dan Taman Marga Satwa Ragunan.

“Mumpung masih libur, jadi saya puas-puasin berwisata,” tuturnya.

Menurut pria berusia 52 tahun ini, kawasan Kota Tua menarik untuk dikunjungi karena masih banyak gedung-gedung tua bersejarah yang bagus untuk berswafoto.

“Selain itu, berkunjung ke sini juga gratis,” tandasnya. (hop)