“Saya mengucapkan selamat kepada UKP PIP sebagai wadah yang menambah, menopang upaya strategis dalam upaya melestarikan nilai Pancasila sebagai filosofi dasar negara,” kata Novanto di kediamannya, Jalan Widya Chandra III, Jaksel, Rabu (7/6).

Dewan pengarah UKP PIP diisi tokoh penting seperti Megawati Soekarnoputri. Khusus soal Mega, Novanto mengatakan penunjukan Presiden RI ke-5 itu menjadi Ketua Dewan Pengarah UKP PIP sudah tepat. “Tentu ada ibu Mega yang juga betul-betul bersama Pak Try Sutrisno menambah adanya masalah ini akan lebih baik karena Mega merupakan founding father juga, titisan Sukarno yang juga Sukarno salah satu founder Pancasila,” ujarnya.

Novanto berpesan kepada kepala UKP PIP Yudi Latif agar sesegera mungkin menyusun struktur unit tersebut. Diharapkan UKP Pancasila mewakili setiap golongan. “Sesegera mungkin bisa membentuk dengan struktur yang tak terlalu besar, tapi tiap unsur mewakili partisi, mahasiswa, para ahli sebaiknya ada ke situ,” kata Novanto.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Kepala dan Dewan Pengarah UKP PIP. Selain Yudi sebagai kepala, UKP PIP memilik Dewan Pengarah. Mereka adalah Megawati Soekarnoputri, Jenderal TNI (Purn) Try Sutrisno, KH Ma’ruf Amin, mantan Ketua MK Mahfud MD, mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof Dr Syafii Maarif, KH Said Aqil Siroj, Prof Dr Andreas Anangguru Yewangoe, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, dan Sudhamek. (dwi)