Kastara.ID, Jakarta – Selama libur dan cuti bersama  Idul Fitri 1440 H, Jumat (31/5) hingga Kamis (6/6) kemarin, tercatat 27.724 wisatawan mengunjungi Kepulauan Seribu.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kepulauan Seribu Cucu Ahmad Kurnia menjelaskan, dari keseluruhan jumlah itu, 596 di antaranya merupakan wisatawan mancanegara.

Dia menambahkan, kedatangan wisatawan ke pulau melalui empat pelabuhan yakni Pelabuhan Kali Adem serta Marina Ancol di Jakarta Utara dan Pelabuhan Tanjung Pasir serta Rawa Saban di Tangerang.

“Terbanyak berangkat dari Kali Adem sebanyak 13.399 orang. Kebanyakan tujuannya ke Untung Jawa, Pari, Tidung, Pramuka dan Harapan,” ujarnya, Jumat (7/6).

Dikatakan Cucu, jumlah wisatawan itu diperkirakan terus bertambah hingga Sabtu (8/6) besok. Lonjakan wisatawan baru akan menyurut di Ahad (9/6) nanti seiring berakhirnya libur dan cuti bersama.

Akibat kepadatan pengunjung itu, saat ini seluruh penginapan dan home stay di Pulau Seribu yang jumlahnya sekitar 1.000 unit, terisi penuh. Kondisi full booked itu pun terjadi hingga akhir pekan ini.

“Saya harap wisatawan yang berkunjung turut menjaga kebersihan serta mematuhi kaidah keselamatan baik di kapal maupun ketika berwisata di perairan,” imbaunya.

Bupati Kepulauan Seribu Husein Murad mengatakan, ke depan pihaknya akan melakukan pembenahan secara bertahap untuk mendukung kepariwisataan. Dengan begitu, diharapkannya sepanjang tahun Pulau Seribu akan menjadi salah satu destinasi wisata favorit internasional.

“Persiapan termasuk bagi warga sehingga mereka juga bisa menjadi tuan rumah yang baik dan menarik wisatawan kembali berkunjung,” tandasnya. (hop)