Capres

Kastara.ID, Jakarta – Direktur Pro Mega Center Mochtar Mohammad mendorong Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri maju menjadi Calon Presiden (Capres) 2024. Mochtar menilai Megawati  berpeluang besar maju dalam Pilpres 2021. Hal itu dikatakan Muchtar dalam keterangan tertulisnya, Senin (7/6). Pro Mega Center adalah kelompok relawan yang sudah lama aktif mendukung Megawati.

Mochtar mengatakan, PDIP memiliki 128 kursi di DPR RI. Padahal syarat mengajukan calon pada Pilpres 2024 adalah partai harus memiliki setidaknya 115 kursi atau 20 persen dari jumlah anggota DPR. Artinya menurut Mochtar, partai banteng moncong putih bisa mengajukan sendiri calon presiden pada 2021. Bahkan Mochtar menyebut PDIP satu-satunya partai yang sudah mengantongi tiket mengikuti Pilpres 2024

Di lain pihak menurut Mochtar, Megawati adalah Ketua Umum yang mempunyai hak prerogatif dalam menentukan calon presiden yang bakal diusung PDIP. Hal ini berdasarkan hasil Kongres V PDIP di Bali pada 2019 lalu. Mochtar menilai terdapat beberapa alasan kuat Megawati berpeluang maju di Pilpres 2024. Megawati disebut merupakan figur sentral di PDIP.

Selain itu, Megawati menurut Mochtan sudah berpengalaman menjadi Presiden RI. Saat menjadi Presiden RI kelima, pada 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004, Megawati dinilai berhasil mengatasi krisis ekonomi sebagai dampak peristiwa 1998.

Mochtar menambahkan, saat ini konsolidasi organisasi yang dilakukan PDIP sudah hampir rampung. Di tingkat DPC, PAC, dan Ranting sudah usai 100 persen. Hanya tinggal di Anak Ranting atau tingkat RW yang masih sekitar 60 persen. Artinya menurut mantan Wali Kota Bekasi, Jawa Barat ini, PDIP adalah partai yang paling disiplin dalam berorganisasi.

Alasan berikutnya, menurut Mochtar adalah Megawati bersama Joko Widodo (Jokowi) bakal mampu menggalang koalisi besar. Pasalnya partai-partai besar saat ini berada dalam kolaisi pendukung pemerintah. Mochtar mengatakan, majunya Megawati dalam pilpres akan mempercepat konsolidasi organisasi dan meningkatkan perolehan kursi PDIP. (ant)