Asian Games 20q8

Kastara.id, Jakarta — Dukung dan sukseskan Asian Games 2018, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya luncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video #PesonaAsianGames2018 di lobi utama Gedung Sapta Pesona, kantor Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Jumat (6/7).

Voting dan lomba video ini sebagai upaya mengajak masyarakat luas menyukseskan Asian Games 2018 serta memberikan dukungan kepada atlet Indonesia agar sukses berlaga di ajang pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

“Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asian Games 2018 kita jadikan sebagai wadah untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar memberikan dukungan kepada atlet kita yang berjuang di Asian Games 2018 sekaligus mempromosikan destinasi pariwisata unggulan di Tanah Air,” kata Menpar Arief.

Dalam Voting Atlet Favorit dan Lomba Video Pesona Asia Games 2018 para pemenang akan diberikan hadiah menarik berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan uang saku yang mencapai total ratusan juta rupiah.

Dalam voting akan ada 100 nama atlet akan di-vote di Facebook (https://www.genpi.co/vote/asiangames) hingga menghasilkan 20 nominator terdiri 10 nama atlet pria dan 10 nama atlet wanita yang akan di-vote. Kemudian 20 nominator atlet tersebut akan di-vote untuk menetapkan 4 atlet terfavorit (dua atlet pria dan dua atlet wanita) sebagai pemenang. Keempat atlet Asian Games 2018 terfavorit ini akan mendapatkan hadiah berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang tunai Rp 10 juta untuk masing-masing pemenang. Hadiah uang tunai Rp 500 ribu juga diberikan kepada 50 orang voters melalui undian.

Sementara itu untuk Lomba Video Pesona Asia Games 2018 dengan periode lomba 16 Juli-2 September 2018. Untuk penjurian akan dimulai tanggal 3-9 September 2018 dan pemenangnya akan diumumkan pada 10 September 2018. Juri utama akan memilih tiga pemenang dari 10 video terbaik dengan hadiah berupa paket wisata liburan ke Labuan Bajo dan uang masing-masing juara I Rp 50 juta, juara II Rp 30 juta, juara III Rp 20 juta, dan juara favorit Rp 10 juta.

Menpar Arief Yahya mengatakan, penonton asing Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 mendatang akan banyak memanfaatkan paket bundling wisata dengan potongan harga yang sangat menarik.

“Dari 150 ribu penonton asing, kita proyeksikan yang membeli paket bundling wisata sekitar 20% atau 30 ribu wisman, sebagian di antaranya saat go show,” kata Menpar Arief.

Penonton asing yang membeli paket wisata bundling akan melonjak saat menjelang final sepakbola. “Manakala yang masuk final sepakbola dari negara yang memiliki suporter fanatik, mereka akan berbondong-bondong ke Jakarta dan akan memanfaatkan paket bundling yang di dalamnya sudah termasuk tiket masuk stadion dan akomodasi,” kata Menpar Arief.

Kemenpar bersama pelaku industri pariwisata telah menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di tujuh destinasi wisata unggulan di Jakarta-Palembang dan sekitarnya (Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali) untuk menarik sekitar 150 ribu hingga 200 ribu penonton Asian Games 2018. (hero)