Suzuki Burgman

Kastara.id, Jakarta – Yamaha NMax dan Honda PCX menjadi skuter bongsor yang kini menguasai pasar di kelas 150cc. Lalu bagaimana reaksi PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melihat dua kompetitornya sudah menikmati penjualannya?

Tampaknya divisi kendaraan roda dua SIS masih bergeming untuk mengeluarkan skuter otomatik (skutik) untuk mengisi segmen premium di pasar otomotif Indonesia.

Hingga saat ini, Suzuki baru memasarkan Address FI, Address Playful, dan Nex II di pasar Indonesia. Sebenarnya di segmen tersebut pabrikan berlogo huruf “S” itu telah memiliki skuter premium seri Burgman.

Sales & Marketing 2Wheel Departement Head SIS Yohan Yahya menjelaskan bahwa pihaknya mempertimbangkan banyak hal jika ingin bermain di segmen skutik “bongsor” di pasar Indonesia. “Kami tidak mau keluarkan yang mengecewakan. Itu harus sesuai dengan jiwa Suzuki,” kata Yohan Yahya di Jakarta pekan ini.

Yohan pun menekankan, saat ini Suzuki fokus pada segmen skutik di kelas entry level, melalui Nex II yang memiliki pangsa pasar menjanjikan. Ia menilai Suzuki tidak perlu mengikuti strategi pabrikan lain yang menjual model skutik premium. “Kalau hanya karena ikut-ikutan yang lain, buat kami itu percuma. Dan itu bahaya untuk kami semua,” tandasnya.

Namun Yohan menambahkan, pihaknya tetap mempertimbangkan membawa skutik berbodi bongsor ke Indonesia. “Ya, lihat waktunya. Apa yang dikeluarkan, kami tidak mau gagal,” tambahnya sambil menekankan bahwa setiap produk yang dikeluarkan bisa diterima dan tidak mengecewakan.

Hingga saat ini, penjualan retail Suzuki Juni 2018 meningkat 23 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Peningkatkan itu karena performa penjualan yang baik dari model Suzuki Nex II yang baru diluncurkan beberapa bulan lalu. “Lebaran ini secara retail kami naik, kurang lebih cukup bagus, 23 persen,” katanya.

Jumlah hari kerja di bulan Juni yang berkurang karena libur Lebaran, justru peningkatan penjualan retail mampu diraih karena tersedianya stok di diler selama periode tersebut.

Penjualan retail Suzuki roda dua pada Juni hampir 7.000 unit. Nex II menjadi kontributor terbesar sebanyak 40 persen, diikuti Suzuki GSX series 30 persen. (yan)