Posyandu

Kastara.ID, Depok – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri menyerahkan secara simbolis dana insentif bagi kader Posyandu dan Posbindu di enam Kelurahan se-Kecamatan Beji di Balai Rakyat Kecamatan Beji, Jalan Jawa, Depok Utara, Kamis (7/7).

Sekda Kota Depok Supian Suri mengatakan, pemberian insentif kepada kader Posyandu dan Posbindu ini merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota Depok, atas kerja dan kinerja para kader di bidang kesehatan, khususnya balita dan lansia. Serta janji kampanye dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota, ini sudah direalisasi kepada kader-kader Posyandu dan Posbindu.

“Kader Posyandu dan Posbindu merupakan garda terdepan bersama Puskesmas dalam upaya mewujudkan kesehatan balita, lansia, dan masyarakat secara umum,” kata Sekda.

Supian Suri menyampaikan, berkaitan dengan jumlah kader Posyandu dan Posbindu, Pemkot Depok akan melakukan pengecekan agar jangan sampai ada kader yang tidak menerima. “Kita upayakan cek kader keseluruhan. Jangan ada yang terima dan tidak terima,” katanya.

Pemberian insentif diberikan langsung ke masing-masing kader agar lebih aman dan langsung kepada penerima atau yang bersangkutan. “Sebelumnya kan alokasi untuk kader Posyandu ke rekening satu orang. Ada kader berapa orang, kemudian diatur melalui satu rekening. Karena ini sifatnya insentif ke perorangan, makanya mekanismenya diberikan ke perorangan agar lebih aman,” tuturnya.

Di Kecamatan Beji terdapat 83 Posyandu dan 82 Posbindu. Besaran dana insentif yang diterima adalah Rp 120.000 perorang dikalikan lima bulan senilai Rp 600.0000.

“Jumlah ini sudah naik dari sebelumnya Rp 100.000 menjadi Rp 120.000, sesuai dengan janji kampanye Pak Wali Kota dan Pak Wakil Wali Kota. Untuk ke depan, kita akan lihat kemampuan anggarannya,” jelasnya.

Fokus ke depan, katanya lagi, adalah Posyandu dan Posbindu punya tanah sendiri, punya tempat yang representatif. “Ini modal awal monitoring upaya peningkatan kesehatan warga,” katanya.

Di tempat yang sama Camat Beji, Hendar Fradesa mengaku bersyukur karena insentif Posyandu dan Posbindu sudah dikirimkan ke rekening masing-masing.

“Informasi dari BJB sudah dikirimkan semua dan bisa mengecek di rekening masing-masing,” tegas Camat Beji. (*)