Brno(motogp.com)

Kastara.id, Brno – Di tes resmi MotoGP di sirkuit Brno kemarin (6/8), pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi hanya mampu finis tercepat ketujuh.

Sementara rekan satu timnya, Maverick Vinales harus absen lantaran mengalami cedera ketika terjatuh saat balapan berlangsung, sehari sebelum tes.

Kondisi ini menyulitkan Yamaha, karena tes tak berjalan optimal dan data yang didapat juga kurang memuaskan.

“Selama tes, kami mencoba melakukan perbaikan pada elektronik, untuk menyelesaikan permasalaha akselerasi, juga memperbaiki tuas gas agar ban lebih hemat saat balapan. Kami punya sesuatu yang baru untuk akselerasi, hasilnya cukup positif, tapi saya rasa kami tak akan langsung bisa cepat menghadapi balapan selanjutnya di Austria,” kata Rossi seperti dilansir Crash.net.

Rossi juga mengklaim bahwa motornya saat balapan di GP Ceko kemarin jauh lebih baik ketimbang paket yang ia jajal di tes sehari setelah balapan. Artinya, tes Brno bagi Yamaha belum membuahkan hasil maksimal sebagai modal untuk menghadapi persaingan di sisa musim ini.

Menurut Rossi, jika dirinya harus memilih, ia akan memilih paket motor saat balapan di Brno, karena paket motor selama tes masih belum maksimal. “Saat ini masih sangat sulit mengembangkan motor, karena banyak detail kecil yang harus dikerjakan dengan sangat akurat. Kami masih butuh banyak waktu untuk perbaikan dan saya rasa performa kami di Austria nanti akan sama saja dengan di Ceko kemarin,” ungkap Rossi.

Di balapan GP Ceko (5/8), Rossi gagal menang dan bahkan gagal mengamankan podium. Hasil tersebut semakin membuatnya terpaku di posisi dua klasemen sementara. Sedangkan Marc Marquez perlahan mulai menjauh dengan rentang 49 poin. (dwi)