Beranda Headline Berita Mobil Esemka Diragukan Asli Buatan Indonesia

Mobil Esemka Diragukan Asli Buatan Indonesia

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Jokowi telah meresmikan pabrik mobil Esemka pada Jumat (6/9) kemarin di Boyolali, Jawa Tengah. Produk perdana yang diluncurkan yakni mobil berjenis pick up Bima 1.2 dan Bima 1.3. Mobil Esemka, khususnya Bima 1.2 mendapat sorotan dari masyarakat karena dinilai mirip dengan Changan star truck.

Sementara itu Andre Rosiade pada Sabtu (7/9), mengungkapkan keraguannya akan keaslian mobil Esemka hasil buatan anak bangsa. Andre menilai mobil Esemka yang baru-baru ini diluncurkan tidak sama dengan yang diuji dan digunakan Jokowi saat menjadi Wali Kota Solo.

Pengamatan otomotif Yannes Martinus Pasaribu tidak merasa heran denganĀ isu tersebut mengingat sebagian besar komponen yang digunakan oleh Esemka masih impor dari China, Sabtu (7/9). Sehingga tidak mengherankan jika terjadi duplikasi produk.

Sementara salah satu media terkemuka, Tempo.co, mengungkapkan bahwa Esemka Bima mirip dengan pikap Star Truck yang diproduksi oleh Changan Automobile, sebuah perusahaan otomotif yang berpusat di Chongging, Cina.

Sebelumnya, saat peresmian pabrik produksi Esemka pada Jumat (6/9) di Boyolali, Direktur Utama PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) Edi Wirajaya menegaskan bahwa Esemka merupakan perusahaan swasta nasional yang 100 persen dimiliki oleh swasta. Esemka mobil buatan Indonesia karya anak bangsa sendiri. Pihaknya pun menjadikan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) dalam proses produksi mobil Esemka. (sla)

- Advertisement -

TERBARU

Juara 1 World Scholar’s Cup di Amerika Diraih Pelajar DKI

Kastara.ID, Jakarta - Pelajar dari DKI Jakarta Allegra Jade Isdar berhasil meraih prestasi membanggakan menjadi Juara 1 kompetisi berlevel internasional World Scholar's Cup-Tournament of...