Ma'ruf Amin

Kastara.ID, Jakarta – Program Sertifikasi Penceramah yang bakal digulirkan Kementerian Agama (Kemenag) ternyata atas arahan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin. Hal itu diungkapkan Dirjen Bimas Islam Kemenag Kamaruddin Amin saat memberikan keterangan tertulisnya (5/9).

Kamaruddin juga menyatakan, program tersebut bukan sertifikasi penceramah, tetapi Penceramah Bersertifikat. Program ini akan melibatkan berbagai instansi, Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) untuk memberikan penguatan aspek ketahanan ideologi.

Selain itu juga Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Tujuannya menurut Kamaruddin, untuk guna memberikan pemahaman tentang Pancasila, hubungan agama dan negara, serta fenemona teroria yang terjadi di Indonesia maupun mancanegara.

Sedangkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan ormas keagamaan lainnya menurut Kamaruddin akan dilibatkan dalam penguatan bidang agama.

Ditargetkan pada tahun ini, 8.200 penceramah bakal mengikuti program ini. Terdiri dari 8.000 penceramah di 34 provinsi dan 200 penceramah di pusat. Kamaruddin menegaskan program ini tidak memiliki konsekuensi apapun. Sehingga bagi yang tidak mengikuti program penceraman bersertifikat tidak akan ada masalah. (ant)