Headline

Marquez: Kita Tidak Boleh Ugal-ugalan di MotoGP

Kastara.ID, Catalunya — Balapan MotoGP Catalunya 2023 diwarnai dengan dua insiden di lap pembuka.

Pertama terjadi di Tikungan 1, disebabkan kesalahan pembalap Italia, Enea Bastianini, yang terlambat mengerem, tak punya ruang di tengah tikungan dan akhirnya menabrak pembalap di depannya.

Ketika terjatuh, Bastianini juga turut menyeret total empat pembalap lain yang sedang melintas di Tikungan 1.

Sesaat kemudian pembalap Italia lainnya, Francesco Bagnaia, mengalami kecelakaan tunggal dan kehilangan kendali roda belakang motornya.

Pembalap Ducati Lenovo itu kemudian terlempar ke udara dan menghantam aspal dengan keras salah satu pembalap menabraknya dari belakang karena tak mungkin menghindar lagi.

Untuk insiden Bastianini, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, menghimbau pembalap lain untuk selalu berhati-hati dan berkendara dengan rasa bertanggung jawab.

“Semua pembalap MotoGP, dan semua pembalap Grand Prix, bertanggung jawab,” ungkap Marquez yang dilansir Marca, dan diwartakan Crash.net.

“Untuk melaju dengan kecepatan 350km/jam dengan motor balap, Anda harus cerdas, bertanggung jawab, dan sangat sadar akan apa yang bisa terjadi pada Anda. Hal lainnya adalah kami menyukai pekerjaan ini, kami bersemangat dan kami menyukai olahraga kami,” serunya.

“Memang benar setiap orang berusaha untuk fokus semaksimal mungkin dalam berkendara, namun terkadang terjadi kecelakaan yang tidak dapat dihindari, seperti yang terjadi pada Enea atau Pecco yang terjatuh sendirian secara tidak sengaja. Ketika Anda melakukan kesalahan seperti Bastianini, itu dianalisis dan diberi sanksi. Dan tidak perlu lagi menghajarnya karena selain menimbulkan kerugian, dia juga terkena sanksi dan itu saja, sudah cukup. Ini adalah MotoGP,” imbuh Marquez.

Kesalahan Bastianini di lap pembuka Tikungan 1 MotoGP Catalunya turut menyeret banyak pembalap lain ke gravel, di antaranya Johann Zarco, Marco Bezzecchi, Alex Marquez, dan Fabio di Giannantonio.

Stewards Panel kemudian memberikan sanksi untuk Bastianini berupa Long Lap Penalty di balapan berikutnya ketika dia kembali balapan.

Marquez sebelumnya juga sempat mendapat hukuman serupa ketika melakukan kesalahan di seri pembuka di Portugal, yang menabrak dua pembalap lain. (tra)

Leave a Comment

Recent Posts

Larangan Investigative Reporting Harus Dilawan

Kastara.ID, Jakarta - Investigative reporting itu dapat mengungkap atau membongkar sesuatu yang ditutup-tutupi. Hal itu…

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…