Pitung

Kastara.ID, Jakarta – Unit Pengelola (UP) Museum Kebaharian Jakarta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan mengadakan Lomba Esai Populer dan Komik Strip bertemakan Si Pitung Dalam Ragam Ahli Wahana.

Kepala UP Museum Kebaharian Jakarta Husnison Nizar mengatakan, pendaftaran tidak dipungut biaya dengan waktu pendaftaran 1-15 Oktober 2019 dan pengumpulan karya mulai 3-15 Oktober 2019.

“Lomba ini terbuka untuk pelajar dan mahasiswa yang berdomisili di Jabodetabek. Peserta lomba merupakan individu,” ujarnya, Senin (7/10).

Nizar menjelaskan, bagi calon peserta dapat mendaftarkan diri di http://bit.ly/daftarlombamuseumbahari. Sedangkan, untuk peraturan dan format lomba dapat dilihat di http://bit.ly/ketentuanlombamuseumbahari.

“Karya dari peserta akan dikurasi oleh tim penilai atau juri. 10 karya terbaik akan diundang ke Museum Bahari untuk presentasi karya pada 20 Oktober 2019 mendatang,” terangnya.

Ia menambahkan, ada tiga juri dengan latar belakang sejarah, IT, dan marketing. Karya peserta lomba dipilih 10 terbaik untuk dipresentasikan. “Juri akan menentukan karya lima terbaik karya yang layak mendapatkan hadiah,” ungkapnya.

Menurutnya, selain Lomba Esai Populer dan Komik Strip, juga dilaksanakan dua kegiatan lain bertemakan Pitung yakni pameran temporer dan lokakarya di Museum Bahari pada bulan Oktober ini.

“Rencananya pameran kami buka tanggal 13 Oktober, pameran kita sendiri yang mengadakan,” ucapnya.

Nizar berharap, dengan serangkaian kegiatan tersebut, tokoh Pitung dan Rumah Si Pitung makin dikenal masyarakat. Sehingga, dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Rumah Si Pitung.

“Ini upaya promosi tentang Rumah Si Pitung dan mengenalkan tokoh Betawi Pitung. Seminar juga kita angkat tentang Pitung,” tandasnya.

Untuk diketahui, UP Museum Kebaharian Jakarta membina tiga lokasi yaitu Museum Bahari, Rumah Si Pitung di Marunda, dan Taman Arkeologi Pulau Onrust. (hop)