Beranda Headline Berita Isi Bensin Malam Hari Lebih Menguntungkan

Isi Bensin Malam Hari Lebih Menguntungkan

Kastara.ID, Jakarta – Anggapan yang masih dipegang teguh oleh pengendara salah satunya adalah mengisi bensin di SPBU saat malam hari akan mendapatkan takaran yang lebih banyak. Alasan yang mendasari dari munculnya anggapan ini karena karakter bahan bakar yang mudah menguap saat siang hari, terlebih lagi jika bahan bakar ditempatkan pada tangki yang terbuat dari bahan logam. Pemuaian pun dirasa lebih cepat.

Namun apakah betul takaran bensin yang didapat saat pengisian malam atau siang hari tidak berbeda signifikan?

Menurut Specialist Process Development PT Pertamina (Persero) Wawan Rustyawan, anggapan ini berdasarkan teori jika malam hari temperatur lebih rendah, dan Bahan Bakan Minyak (BBM) memiliki sifat yang sensitif terhadap perubahan temperatur.

Lebih lanjut, Wawan menjelaskan, pada suhu dingin, BBM akan menyusut menjadi lebih padat, dan saat suhu panas BBM akan mengembang. Namun perbedaan berat antara keduanya tidaklah signifikan. Perbedaan paling hanya 10 sampai 20 cc saja.

Dapat disimpulkan, perbedaan berat dalam satuan isi liter bensin di siang hari dan malam hari tidaklah berpengaruh jika pengendara hanya mengisi beberapa liter saja. Perbedaan ini akan signifikan jika pengendara membeli BBM dalam jumlah sangat banyak. (sla)

- Advertisement -

TERBARU

Kisah Penciptaan

Oleh: Jaya Suprana DI dunia terdapat berbagai kelompok masyarakat yang masing-masing memiliki latar belakang peradaban dan kebudayaan saling beda satu dengan lain-lainnya. Namun pada hakikatnya...