Idris Luncurkan Layanan Akta Kelahiran Online di Kota Depok

Layanan Akta Kelahiran Online

Kastara.id, Depok – Dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional di Kota Depok tahun 2018, ada pemberian akta kelahiran yang dibagikan gratis secara simbolis oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris bagi siswa (santri) di lingkungan Raudhatul Atfhal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah.

“Pelayanan akta online hendaknya dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh orang tua dan anaknya untuk keperluan administrasi. Pengurusan akta secara online juga memudahkan pihak orang tua murid,” ujar Wali Kota Depok Mohammad Idris di MTS Negeri Kota Depok, Cilodong (7/11).

Kepala Disdukcapil Kota Depok Misbahul Munir mengatakan, peluncuran pelayanan Akta Kelahiran Online dilaksanakan dalam upaya capaian akta secara Pusat dan Daerah di mana usia 0-18 tahun dari target 82,5% tahun 2018, Kota Depok telah melampaui target dengan capaian 87%.

Baca Juga:  Pembangunan Alun-alun Kota Depok Menelan Anggaran Rp90 Miliar

Diakuinya, masih ada kendala di mana kesadaran masyarakat masih kurang dan banyaknya akta pindahan dari luar kota, sehingga perlu diinventarisir kembali. “Satu hari tercatat pengurusan dan pindahan akta dari luar daerah kisaran 100 hingga 150 orang mengurus akta baru,” ujarnya.

“Akta kelahiran anak sangat penting untuk administrasi pendidikan sebagai persyaratan sekolah dan mengikuti ujian,” imbuhnya. (rud)