Konservasi Bali

Kastara.id, Bali – PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mendukung reforestasi gunung Agung di Bali dengan mendonasikan satu unit Navara kepada Conservation International Indonesia (CII). Nissan Navara tersebut akan digunakan untuk mobilitas saat kegiatan konservasi.

Konservasi ini bertujuan untuk mempromosikan pemeliharaan jangka panjang untuk pelestarian daerah aliran sungai serta membantu stabilitas pasokan air bersih untuk pertanian dan masyarakat. Reforestasi juga akan membantu mencegah terjadinya bencana alam seperti banjir.

Penyerahan unit Nissan Navara ini bersamaan dengan Hari Menanam Pohon Nasional di Indonesia pada Selasa (28/11) di Tulamben, Karangasem, Bali, dan dihadiri oleh Asisten II Bupati Karangasem Bali Anak Agung Ramaputra.

Sebagai tujuan pariwisata internasional alam dan budaya, Bali merupakan dua aset penting yang perlu dilestarikan. Melalui inisiatif reforestasi bentang alam ini mengajak private sector untuk berinvestasi merestorasi alam sebagai aset pariwisata di Bali, yang pada akhirnya akan memberi nilai tambah bagi Bali itu sendiri.

“Kami mengharapkan program reforestasi ini menjadi pendekatan kelola ekosistem darat yang melengkapi dukungan inisiatif pembentukan jejaring KKP Bali sebagai dasar pengelolaan ekosistem laut,” kata Ketut Sarjana Putra, Vice President CII.

CIl sebagai mitra Nissan dalam program ini akan menggunakan Navara sebagai pendukung mobilitas. Nissan Navara merupakan kendaraan terbaik untuk menaklukan berbagai medan menantang di kawasan Gunung Agung di  Bali. Nissan Navara 2.5 liter 190 PS bermesin diesel turbo dengan torsi 450Nm (Varian VL), menghasilkan akselerasi dan performa yang hebat, di saat menarik beban berat ataupun di medan off-road. Navara mampu mengangkut beban hingga 1 ton pada transmisi manual dalam membantu kegiatan reforestasi.

“Kita selalu bertanya, bagaimana cara membantu membangun masa depan yang cerah untuk lingkungan yang kita tinggali. Hari ini, kita sadar akan komitmen kita dengan mendukung Conservation International Indonesia sebagai mitra global, melalui donasi mobil Navara, untuk memelihara dan melestarikan kawasan gunung Agung yang merupakan kawasan penting penyediaan air untuk banyak area di Bali.” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur NMI.

Navara dikenal memiliki rangka dari bahan baja yang kokoh untuk struktur yang keras serta torsi yang kuat, memberikan performa yang mengesankan saat on-road dan off-road.

Suspensi depan double wishbone yang canggih dikombinasikan dengan suspensi belakang five-link memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan mengangkut.

Navara menawarkan dua pilihan transmisi yang canggih – transmisi manual 6-speed atau transmisi otomatis 7-speed. Transmisi manual 6-speed yang digunakan dalam program penghijauan, dilengkapi gigi rendah untuk torsi bottom-end yang maksimum, sementara rasio akhir berkendara yang tinggi memastikan efisiensi bahan bakar yang besar di jalan raya.

Navara 4×4 dapat menaklukkan pedalaman ataupun perkotaan. Ada tiga moda pengendaraan – penggerak empat roda tinggi untuk off-road ringan, penggerak empat roda rendah untuk off-road di medan berpasir ataupun berlumpur, atau penggerak dua roda untuk medan beraspal.

Navara dilengkapi dengan fitur Nissan Intelligent Mobility, seperti Intelligent Hill Start Assist yang menjaga kendaraan agar tidak bergerak mundur ketika saat di tanjakan, dan Intelligent Hill Descent Control mempertahankan kecepatan konstan saat di turunan yang curam tanpa harus menginjak rem.

Ketika kondisi ban terselip, sistem elektronik limited slip differential secara otomatis melakukan pengereman terhadap ban dan memberikan tenaga ekstra ke ban lainnya yang memiliki daya tarik maksimum. Ini merupakan fungsi dari Vehicle Differential Control.

Nissan Navara meraih beberapa penghargaan dalam kategori “Best Double Cabin” di tahun 2015 dan “the Happiest Double Cabin” di 2016 dari Autobild Indonesia Award.

Secara global, Nissan Navara dinobatkan sebagai “International Pick Up of The Year Award 2016” oleh International Pick Up Truck Award di Eropa dan “Truck of The Year 2015” oleh Car Awards Group di Filipina. (koes)