Headline

Kemenag Kembangkan MORA One Search Tahun Depan

Kastara.ID, Sentul – Tahun 2019, Kementerian Agama akan mengembangkan Ministry of Religion Affair One Search (MORA One Search). MORA One Search merupakan proses pengelolaan big data dan integrasi sistem yang dimiliki Kementerian Agama, menuju satu pintu data digital.

“Hari ini kita sepakat untuk menjadikan MORA One Search sebagai salah satu program unggulan di tahun 2019 mendatang,” tutur Menag Lukman Saifuddin, saat ditemui usai menutup Rapat Pimpinan Kementerian Agama, di Sentul, Jumat (7/12).

Selama ini, Kementerian Agama memiliki data yang sangat banyak. “Saking banyaknya, ibaratnya kita ketimbunan data. Data-data yang banyak ini ke depan akan kita sistematisasi,” sambung Menag.

Sementara Staf Ahli Menteri Agama Oman Fathurahman menerangkan bahwa MORA One Search merupakan jembatan untuk mengintegrasikan data serta informasi Kemenag yang saat ini masih tersebar dalam banyak sistem dan platform.

“Jadi dengan MORA One Search, publik bisa mengakses data ataupun informasi tentang Kemenag dengan memasukkan kata kunci. Misalnya, bila kita memasukkan kata kunci ‘nikah’. Maka MORA One Search dapat mengarahkan kita bukan saja pada data tentang jumlah pernikahan, tapi juga memunculkan hasil riset litbang tentang nikah,” kata Oman.

Menurutnya, MORA One Search ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan internal maupun eksternal terhadap data dan informasi. “MORA One Search jadi pintu untuk masuk ke sistem informasi di Kemenag yang saat ini sudah ada dengan multi-platform,” imbuhnya.

Selain MORA One Search, Rapim Kemenag yang telah berlangsung selama tiga hari, 5-7 Desember 2018, menghasilkan lima program unggulan lainnya. Program-program tersebut meliputi Internet Religion Forum, Modernisasi Gedung, Pengembangan SDM, Pembenahan Umrah, serta Promosi Prestasi Kemenag. (put)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…