MotoGP 2021(motogp.com)

Kastara.ID, Valencia – MotoGP musim 2022 yang akan datang akan menjadi MotoGP tahun pertama tanpa mega bintang asal Italia, Valentino Rossi.

Juara dunia sembilan kali itu telah resmi mengakhiri karir balapnya di Grand Prix pada akhir kompetisi musim 2021.

The Doctor telah membalap selama kurang lebih 26 musim, dengan segudang prestasi dan rentetan rekor yang sulit dikalahkan.

Satu hal penting bahwa sosok VR46 menjadi magnet tersendiri bagi MotoGP, dia sangat berjasa menjadikan Grand Prix sebagai salah satu balap motor paling terkenal di dunia.

Namun menurut bos Repsol Honda, Alberto Puig, pensiunnya Rossi tak serta merta menajdi masalah besar. Walau sadar bahwa Rossi salah satu sosok berpengaruh, tapi di setiap era selalu ada pembalap hebat, Rossi salah satunya dan kini berganti dengan orang lain.

“Saya kira kurang lebih sama dengan apa yang mereka katakan. Untuk olahraganya sendiri, ini sangat mengasyikkan. Balap motor selalu sangat spesial, dalam artian Anda bisa merasakan bahwa para pembalap benar-benar bertarung.

Ini adalah olahraga yang sangat menarik bagi semua orang. Tentu saja, dalam sejarah olahraga ada banyak pembalap hebat. Rossi adalah salah satunya, tapi ada banyak pembalap hebat dan juga benar bahwa hidup terus berjalan dan generasi terus datang.

Saya pikir semua orang yang penting dalam kompetisi akan selalu diingat, tapi waktu yang kita jalani adalah hari ini dan saya tidak berpikir kompetisi akan terpengaruh jika orang ini, atau orang lain, tidak ada.

Yang penting dalam kompetisi adalah kompetisi itu sendiri. Cara penyelenggaraan kejuaraan yang seru dan menegangkan ini saat ini sangat menawan sehingga orang-orang akan mengikutinya.

Itulah yang terjadi, tapi ya tentu saja Rossi adalah salah satu pria yang akan dikenang dalam sejarah motorsport sebagai salah satu yang terbaik. Itu pasti.” ungkap Puig saat konferensi pers khusus pabrikan pada final Valencia lalu yang diwartakan Paddock-GP.

Meski pensiun, Rossi tetap akan sering telihat di paddock, karena mulai 202 timnya VR46 Racing akan debut penuh di kelas utama bersama Ducati. (tra)