Atlet PNS

Kastara.id, Jakarta – Komitmen pemerintah untuk menjanjikan masa depan atlet menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) segera terwujud. Hal itu disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi bersama Menteri PANRB Asman Abnur usai melakukan pertemuan di kantor KemenPANRB, Jakarta, Senin (8/1).

Disampaikan bahwa sampai saat ini Kemenpora dan KemenPANRB terus menggodok beberapa persyaratan untuk mambahas masalah jaminan masa depan atlet untuk menjadi PNS.

Asman Abnur menyampaikan pembahasan ini sudah mendekati final, dan dalam waktu dekat ini akan keluar Peraturan Menteri baik dari Menpora atau MenPANRB.

“Saya pagi ini dengan pak Menpora membahas atlet-atlet berprestasi untuk menjadi PNS. Alhamdulilah pembahasan ini sudah masuk dalam tahap final, insya Allah nanti tepat 17 Januari akan kita umumkan atlet yang diberikan formasi khusus untuk jadi PNS,” ujar Asman.

Masalah kriterianya, nanti akan dilegalkan dalam bentuk peraturan menteri, sehingga ke depan atlet ini memiliki masa depan untuk menjadi PNS yang nantinya bisa dia gunakan masing-masing unit kerjanya.

“Kita harapkan masa depannya lebih baik dan memberikan motivasi kepada atlet sekarang,” tutur Asman.

Asman mengatakan, mengenai kriteria atlet yang akan mendapat formasi khusus menjadi PNS tersebut nantinya akan tertera dalam peraturan menteri tersebut.

“Atlet-atlet mana saja yang diberi formasi khusus nanti kriterianya akan dikeluarkan dalam peraturan menteri. Sesuai dengan fokusnya nanti akan dijadikan PNS di Kemenpora yang nantinya bisa didistribusikan ke provinsi atau daerah, dan tergantung pendidikannya, dengan ini diharapkan ada semangat baru untuk atlet Indonesia,” katanya.

Sementara itu Menpora Imam Nahrawi mengucapkan terima kasih kepada MenPAN RB yang selama ini peduli terhadap masa depan atlet Indonesia yang akan diberikan jaminan sebagai Pegawai Negeri Sipil.

Dengan kebijakan ini kata Menpora, para atlet seluruh Indonesia akan semangat lagi dan memiliki masa depan. Hal ini bisa memacu semangat atlet untuk berlomba-lomba memberikan prestasi terbaik untuk negara.

Selain itu menurutnya bisa menjadi bekal untuk menghadapi Asian Games 2018, karena itu momentum tersebut tidak boleh disia-siakan oleh atlet Indonesia.

“Untuk atlet yang masih aktif nanti akan kita lihat dahulu akan ditempatkan di mana, nanti kita akan melakukan MoU dengan daerah untuk penempatan atlet,” pungkas Menpora. (tri)