Beranda Headline Berita 50 Orang Tewas Terinjak Saat Prosesi Pemakaman Jenderal Soleimani

50 Orang Tewas Terinjak Saat Prosesi Pemakaman Jenderal Soleimani

Kastara.ID, Jakarta – Pemakaman Jenderal Iran, Qassem Soleimani yang tewas akibat serangan udara Amerika Serikat (AS) dihadiri ribuan rakyat. Sedikitnya 50 orang tewas dan 212 orang lainnya terluka terinjak saat prosesi pemakaman jenderal pentolan Iran tersebut.

Saat pemakaman, jalan-jalan di Kerman dipenuhi oleh para pelayat. Sementara yang lain berlindung di lereng bukit di sekitar kota, di mana sang jenderal akan dimakamkan di pemakaman para martir.

Diketahui, Soleimani, kepala pasukan operasi asing Pasukan Quds, tewas dalam serangan udara yang dilakukan AS di dekat bandara internasional Baghdad. Operasi tersebut mengejutkan Iran.

Atas kejadian tersebut, Iran bahkan bersumpah akan mengusir AS dari wilayah mereka. Selain memicu balas dendam, pembunuhan Soleimani memicu perang kata yang meningkat antara Iran dan AS.

Di Teheran, Presiden Hassan Rouhani pada Senin memperingatkan Trump untuk tidak pernah mengancam Iran. Peringatan ia sampaikan setelah Presiden AS Donald Trump mengeluarkan daftar sasaran 52 sasaran AS di republik Islam itu.

Parlemen Iran juga setuju untuk meningkatkan pundi-pundi Pasukan Quds dengan $ 244 juta (€ 200 juta). (sud)

- Advertisement -

TERBARU

Nakagami Sukses Raih Pole di MotoGP Teruel 2020

Kastara.ID, Aragon - Pembalap asal Jepang Takaaki Nakagami sukses meraih posisi Pole di sesi Kualifikasi MotoGP Teruel 2020, Sabtu (24/10). Pembalap satelit LCR Honda IDEMITSU...