Sampah

Kastara.ID, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengajak masyarakat mengurangi sampah di Ibukota. Salah satunya melalui hasil karya.

Cara ini ditunjukan Ridwan Manantik (52), pelukis yang menggelar pameran tunggal di Balai Budaya Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat mulai 2-9 Februari 2020. Di pameran tersebut, seniman yang melukis sejak 1997 ini menampilkan 10 karya lukisan.

Sepuluh judul lukisan yang dipamerkan yakni otak sampah, mulut sampah, warna warni sampah#1, warna warni sampah#2, gunung sampah, lautan sampah, plastik plastik sampah#1, plastik plastik sampah #2, plastik plastik sampah #3 dan lorong sampah

“Saya tidak ingin mengatakan bahwa sampah itu masalah. Tapi bagaimana kita menanganinya,” ujar Ridwan di lokasi pameran (7/2).

Melalui karya-karya lukisannya, masyarakat diharapkan bisa teredukasi untuk tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya ingin menyadarkan masyarakat agar mulai serius mengatasi persoalan sampah. Dimulai dari diri kita sendiri,” kata Ridwan.

Di tempat yang sama, Putri (14), salah satu pengunjung pameran merasa terkesan dengan pameran lukisan sampah. Sebab dalam pameran ini, berbagai jenis sampah dituangkan sang pelukis di kanvas hingga tampak indah dan artistik.

“Ternyata sampah juga dapat menjadi inspirasi untuk karya lukisan yang indah dan artistik. Selain itu juga jadi edukasi bagi masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,” tandas siswa SMK Bina Putra Mandiri, Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat ini. (hop)