Headline

Layanan Dukungan Psikososial bagi 60 Anak Penyintas Gempa Pasaman Barat

Kastara.ID, Jakarta – Satgas Kolaborasi Kemanusiaan DKI Jakarta memberikan Layanan Dukungan Psikososial (LDP) atau Psychological First Aid (PFA) bagi anak-anak penyintas gempa bumi di Pasaman Barat, Sumatera Barat.

Layanan dukungan psikososial dilangsungkan di Kampung Lubuk Panjang, Kecamatan Talamau dan pos pengungsian di halaman Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat. Terhitung ada 60 anak yang mengikuti LDP di dua lokasi tersebut.

Didampingi orang tuanya, anak-anak nampak antusias mengikuti kegiatan yang diisi dengan bermain, bernyanyi dan mendengarkan dongeng. Kegiatan LDP ini juga disertai dengan pemberian bantuan logistik, makanan, dan minuman.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, LDP diberikan untuk mengembalikan kesehatan mental atau psikologi para penyintas setelah terdampak gempa bumi.

“Awalnya mereka hanya duduk dan diam. Begitu kita ajak bermain, baru keluar lagi jiwa kekanak-kanakan mereka. Anak-anak juga sudah mulai mau membuka diri berbicara dengan orang asing, misalnya kepada tim Satgas DKI,” ungkapnya (7/3).

Isnawa menjelaskan, LDP bertujuan untuk mengurangi reaksi stres, menenangkan dan membuat rasa nyaman serta menjalin koneksi ke sumber bantuan lain. Melalui layanan tersebut, para penyintas gempa bisa terbawa suasana senang tanpa memikirkan kondisi yang mereka alami saat ini.

“Diharapkan mereka bisa beraktivitas dan melakukan kegiatan seperti anak-anak pada umumnya. Sehingga mereka bisa melupakan kejadian yang mereka alami,” tandasnya. (hop)

Leave a Comment

Recent Posts

99 Elemen Masuk Barisan di KBBI Siap Menangkan Imam Budi Hartono di Pilkada Depok

Kastara.Id,Bogor - Puluhan elemen atau relawan warga Kota Depok terhimpun dalam Keluarga Besar Bang Imam…

Selamat Ginting: Salim Said Bagai Kamus Berjalan Soal Politik dan Militer

Kastara.id,Jakarta - Pengamat politik dan militer Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan sosok almarhum Prof…

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…