Kastara.ID, Helsinki – Tim Bulutangkis Indonesia berhasil menyabet gelar juara Finnish Open 2019. Para pemain muda unggulan Indonesia mempersembahkan kemenangan pada nomor ganda putra dan ganda campuran pada turnamen yang digelar di Vantaa, Finlandia (7/4).

Pasangan Rehan Naufal Kusharjanto dan Lisa Ayu Kusumawati menjuarai ganda campuran, setelah mengalahkan pasangan Denmark Matias Bay-Smidt dan Rikke Søby melalui pertandingan 3 set dengan skor 22-20, 15-21, dan 21-14. Pasangan Muhammad Shohibul Fikri dan Bagas Maulana menyabet gelar juara pada ganda putra, setelah menundukkan pasangan asal Jerman, Jones Ralfy Jansen dan Peter Kaesbauer dengan skor 21-17, 21-17. Sedangkan pada nomor ganda putri, pasangan Febriana Dwipuji Kusuma dan Ribka Sugiharto meraih runner-up setelah ditundukkan oleh pasangan Jepang Erina Honda dan Nozomi Shimizu.

Untuk Finnish Open 2019, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) mengirimkan 19 (sembilan belas) atlet muda berbakat Indonesia dan didampingi oleh lima pelatih untuk bertanding pada turnamen bergengsi tersebut. Rombongan atlet dipimpin oleh pelatih Harry Hartono.

Seluruh atlet Indonesia yang turun pada Finnish Open 2019 merupakan anggota Pelatnas Bulutangkis di Cipayung. Sebanyak 9 atlet merupakan level Pelatnas Utama dan 10 atlet merupakan level Pelatnas Pratama.

Tim Bulutangkis Indonesia bertarung dalam Finnish Open 2019 melawan tim dari berbagai negara untuk memperebutkan gelar juara, mulai dari babak kualifikasi, perempat final, semifinal, dan final, yang diselenggarakan sejak Kamis, 4 April 2019. Tim Indonesia berlaga pada nomor tunggal putri, ganda putri, tunggal putra, dan ganda putra, serta ganda campuran.

Setelah melalui babak kualifikasi yang ketat, Tim Bulutangkis Indonesia berhasil melaju ke babak final yang diselenggarakan pada 7 April 2019. Di babak final, Indonesia bertanding dalam nomor ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran, melawan sejumlah negara yang terkenal tangguh yaitu Denmark, Jepang, dan Jerman. ​(KBRI Helsinki/lan)