Moto3 Doha 2021

Kastara.ID, Doha – Sebanyak tujuh anak-anak Moto3 dijatuhi hukuman start dari Pitlane di balapan seri Doha pekan lalu, Ahad (4/4).

Ini dikarenakan mereka kedapatan berkendara dengan tidak bertanggung jawab (melaju pelan) di antara Tikungan 15 dan 16 saat sesi FP2 berlangsung, mengakibatkan waktu lap beberapa pembalap di belakang mereka terganggu.

Salah satu dari mereka adalah rookie asal Spanyol, Pedro Acosta, yang harus menjalani hukuman memulai balapan dari Pitlane bersama enam pembalap lain.

Di hari balapan sang pendatang baru malah berhasil menyuguhkan balapan menarik dengan aksi pengejaran kelompok depan dengan pantang menyerah.

Lap pembuka Acosta dan keenam kawannya itu membentuk kelompok kecil di belakang dengan gap sekitar 8 detik dari pembalap terdekat di kelompok start normal, putaran demi putaran Acosta semakin mendekat dan berhasil melewati satu per satu musuhnya.

Posisinya semakin naik dan juga terbantu oleh beberapa kecelakaan, dengan langsung memanfaatkan celah untuk menyalip.

Dua lap menjelang finis kecepatannya mulai menggetarkan baris depan, dengan satu lap tersisa berhasil mengambil alih pimpinan balapan dengan menciptakan gap yang dipertahankan sampai tikungan akhir, sehingga di lintasan lurus menuju finis lajunya sudah tak terkejar lagi oleh pembalap Afrika Selatan, Darryn Binder yang sangat kuat di Straight.

Pada akhirnya Acosta berhasil memenangi balapan Moto3 Doha setelah start dari Pitlane, kemenangan perdana di Grand Prix hanya dalam dua balapan, yang sebelumnya di seri Qatar 1 juga memukau lewat hasil podium dua.

Pertunjukkan oleh Acosta juga menarik perhatian para pembalap MotoGP, mereka tak segan-segan memuji debut spektakuler anak Spanyol 16 tahun itu.

“Acosta tampil impresif kali ini, walau sudah mengesankan sejak pekan lalu, di mana dia berhasil finis kedua. Tapi hari ini, dia yang memulai balapan dari pitlane dan sanggup memperbaiki lap ke lap,” ujar pembalap Italia Valentino Rossi sebagaimana dilansir motogp.com

“Saya super senang dengan Acosta karena start dari pit dan kembali ke balapan untuk kemenangan ini. Selamat untuknya atas kesuksesan ini dan kemenangan yang mengesankan,” imbuh juara dunia bertahan Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang ikut gembira dengan rekan senegaranya itu, sebagaimana dimuat Motorsport.

“Sungguh gila. Ketika kami menonton balapannya, saya mendukungnya. Dia mampu memangkas gap,” papar pembalap Suzuki Ecstar lainnya, Alex Rins yang salut dengan sang bocah KTM itu.

Tak ketinggalan, pembalap Repsol Honda Marc Marquez juga kagum dengan performa mengejutkan Acosta dan mengucapkan selamat atas kemenangan pertama debutan Red Bull KTM Ajo itu.

Kini Acosta memimpin klasemen sementara dengan 45 poin menuju seri ketiga di Portugal. (tra)