Pasar Rakyat Jabar Juara

Kastara.ID, Depok – Pembangunan Pasar Rakyat Jabar Juara yang berlokasi di Kecamatan Sawangan kini sudah rampung 100 persen. Pasar ini pun diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, Pasar Rakyat Jabar Juara ini dapat menjadi pasar kebanggaan warga, khususnya yang berada di sebelah barat Kota Depok. Pasalnya, pasar rakyat ini cukup luas, memiliki gedung berlantai dua, bersih, nyaman, dan sirkulasi udaranya baik.

“Mudah-mudahan masyarakat Sawangan Depok dapat lebih aktif memanfaatkan pasar baru ini,” katanya saat Peresmian Pasar Rakyat Jabar Juara di Kecamatan Sawangan, sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Jumat (8/4).

Kang Emil menjelaskan, pasar pada hakikatnya adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli. Di mana proses interaksi sosial akan terjadi di sini yang membedakan dengan pasar modern (swalayan).

“Silakan dijadikan (pasar) sebuah kebaikan dan kalau ada lokasi-lokasi lain Pak Wali silakan, dengan senang hati kami bangun lagi pasar yang kedua,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat Indra Sofyan menambahkan, pembangunan Pasar Rakyat Jabar Juara menggunakan Bantuan Keuangan Gubernur sebesar Rp 10 miliar melalui dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021. Pasar rakyat Sawangan berdiri di atas lahan seluas 3.600 meter persegi, di dalamnya terdapat 49 kios dan 104 los.

“Awalnya lahan ini adalah bekas terminal bayangan, sekarang diubah menjadi pasar. Insya Allah membawa berkah bagi para konsumen dan pedagang,” tandasnya. (dha)