Headline

DPD AJO Indonesia Kepri Dilantik, Maju di Era Digital Tanpa Hoax

Kastara.id, Batam – Langkah maju pada era digital tanpa hoax menjadi tema dalam pelantikan dan seminar Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Provinsi Kepulauan Riau, di Travelodge Hotel, Batam (7/5). Pelantikan DPD Kepri dilakukan langsung oleh Ketua Umum DPP AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika.

Ketua DPD Aliansi Jurnalistik Online Indonesia Kepri Jonni Pakkun mengatakan, ini menjadi pekerjaan berat dalam menjalankan program ke depan. Bagaimana AJO Indonesia di Kepri bisa eksis terus dalam era digital dan bisa berjalan tanpa hoax sesuai dengan tema seminar yang tengah digelar.

“AJO Indonesia Kepri akan selalu menjadi terdepan di Kepri, sebagai bukti AJO Indonesia Kepri mengadakan Uji Kompetensi Wartawan pada hari Selasa (8/5) dengan mendatangkan penguji dari LPDS Jakarta,” tambah Jonni.

“AJO Indonesia punya tanggung jawab untuk meng-counter hoax yang terus berkembang.  Hoax bukan produk media online. Hoax disebarkan oleh media sosial karena ada kepentingan tertentu” ucap Jonni Pakkun.

Jonni menyebutkan, perkembangan teknologi media terus berkembang dan telah memasuki era digitalisasi. Media konvensional lambat laun akan terpinggirkan oleh media berbasis digital. “Media konvensional bisa jadi masa lalu. Berganti dengan media digital yang dinamis dan mutakhir,” tutur Jonni Pakkun.

Sementara Ketua Umum AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika mengatakan, konsep media cetak akan bertransformasi ke media digital. Hal inilah yang menjadi konsep media dalam AJO Indonesia.

“Media yang tergabung dalam AJOI adalah media yang sudah berbadan hukum dan berkantor tetap. Jika media mainstream bisa besar karena banyak jurnalisnya, AJO Indonesia akan besar karena pemilik media di dalamnya,” papar Rival di hadapan pengurus DPD AJO Indonesia Kepri.

Pada sesi seminar, hadir narasumber dari Polda Kepri, BNN Provinsi Kepri, tokoh masyarakat Suryo Respationo, dan Ketua Umum AJO Indonesia Rival Achmad Labbaika. (rud)

Leave a Comment

Recent Posts

SIT Darul Abidin Anak Didiknya Menciptakan Permainan Sehingga Otaknya Lebih Sehat

Kastara.Id,Depok - Wakil Walikota Depok Imam Budi Hartono memberikan Sambutan dalam Kegiatan Scratch Day Celebration…

KPU Depok Pastikan Tidak Diikuti Oleh Calon Perseorangan Dalam Pilkada 2024

Kastara.Id,Depok - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat Wili Sumarlin memastikan pemilihan…

55 Anggota PPK Depok di Lantik Dan Langsung Berkerja Untuk Pilkada Serentak 2024

Kastara.Id,Depok - Kali ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok, Jawa Barat secara  resmi melantik…

Pencabutan dan Pembatalan Surat Pernyataan Sikap

Kastara.Id,Depok - Berdasarkan  Nomor  015/BSS/PS/V-2024 TANGGAL 14 MEI 2024.  Seluruh jajaran pengurus Perkumpulan Barisan Supian…

Selamat Ginting: Jurnalisme Investigasi Berkontribusi Terhadap Pemerintahan Demokrati

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting menegaskan, jurnalisme investigasi keberadaannya sangat penting…

Selamat Ginting : Demokrasi Asli Indonesia Sumbernya Semangat Kolektivisme

Kastara.Id,Jakarta - Pengamat politik Universitas Nasional (Unas) Selamat Ginting mengungkapkan, demokrasi asli Indonesia sumbernya adalah…