Dalwafest

Kastara.ID, Jakarta – Dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sehat, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya pada pembukaan DhawaFest Pesona 2019 di Aula Dhanapala, Rabu (8/5) mengajak para pengunjung untuk berbelanja secukupnya.

“Bersikaplah sederhana. Jadi manusia yang belanja secukupnya. Itu adalah bagian dari sikap hidup untuk tidak menjadi konsumtif hedonis. Namun saya tetap mengharapkan Bapak-Ibu sekalian tetap belanja karena itu mendukung perekonomian kita,” paparnya.

DhawaFest Pesona 2019 mengambil tema Persembahan Elok Nusantara sebagai salah satu cara untuk memperingati dan merayakan ke-Bhinekaan Indonesia. Festival ini diadakan oleh Dharma Wanita Persatuan Kementerian Keuangan (DWP Kemenkeu) dengan 205 stan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM) yang turut berpartisipasi.

Selain itu, DWP Kemenkeu juga akan membagikan 2000 paket sembako, penjualan sandang murah, pemberian pakaian layak pakai, serta pemberian dana pendidikan untuk 90 anak dari pegawai golongan I, II, serta tenaga honorer.

Terdapat hal yang berbeda dari penyelenggaraan DhawaFest tahun ini, yaitu dengan digalakkannya penggunaan kantung belanja pakai ulang. Menkeu berpendapat bahwa dengan meminimalisir penggunaan plastik, itu adalah simbol bahwa kita peka dan peduli dengan lingkungan. Hal kecil jika dilakukan secara konsisten akan bisa mengubah gaya hidup kita.

Menkeu menutup sambutannya dengan berpesan agar para pengunjung tidak lupa menyisihkan sebagian rezekinya untuk beramal.

“Kalau sudah belanja cukup, duitnya masih ada, beramallah. Jadi, berikan kepada yang tidak mampu sehingga yang tidak mampu pun bisa belanja. Di situlah yang kita sebut sebagai peraturan sosial bagi kita semuanya,” pungkasnya.